Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Membuat Combro agar Renyah dan Tidak Keras, Tips dari Penjual

Kompas.com - 27/02/2022, 21:09 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Combro merupakan jajan tradisional goreng yang terbuat dari singkong. Jajanan ini biasa diisi dengan oncom yang dimasak dengan bumbu gurih pedas. 

Cara membuat combro sebetulnya sederhana. Namun karena berbahan dasar singkong, jajanan ini rentan keras dan kurang renyah. 

Tak perlu khawatir, ada cara membuat combro agar renyah dan tidak keras. Berikut tips sederhana yang diuraikan oleh Chelsia, pemilik usaha Combro Maknyusss. 

Baca juga:

1. Pemilihan singkong 

Ilustrasi singkong. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi singkong.

Kunci utama membuat combro empuk dan renyah yakni memakai singkong yang bagus.

Oleh karena itu, Chelsia menyarankan untuk mengecek kualitas singkongnya dulu sebelum mengolahnya. 

"Oh untuk singkong sendiri biar enggak keras kita harus lihat dari tekstur singkongnya juga. Kalau dapat singkongnya keras ya jadinya makin keras," jelasnya pada Sabtu (26/02/2022). 

Baca juga:

2. Tambahkan sedikit air 

Menurut Chelsia memilih singkong sebetulnya gampang-gampang susah. Sebab dari supplier pun tidak dapat mengecek apakah singkong tersebut cukup bagus atau tidak. 

Jika demikian, maka adonan combro dapat diberi tambahan sedikit air agar lebih empuk. 

"Karena singkong itu gampang-gampang susah juga. Kita pesan dari supplier, tapi supplier juga enggak bisa lihat singkong itu keras atau enggak kan. Mungkin biar enggak keras bisa ditambahin sedikit air di adonannya, biar jadi enggak keras keket itu," jelas Chelsia. 

Baca juga:

3. Jangan goreng terlalu lama

Ilustrasi combro. Dok. Shutterstock/Ratih Ra Ilustrasi combro.

Selain dari pemilihan singkong, proses penggorengan combro pun perlu diperhatikan. Baiknya combro tidak digoreng terlalu lama agar tidak keras. 

Saat menggorengnya, cukup sampai permukaannya kecoklatan. 

"Sebenarnya kita enggak ada metode caranya biar enggak keras, cuma maksudnya kalau goreng itu pastiin jangan terlalu lama. Jadi misalnya sudah kecoklatan itu sudah cepat-cepat diangkat saja," tutur Chelsia. 

Baca juga:

4. Campur adonan dengan kentang 

Menambahkan dari artikel Kompas.com, adonan combro dapat ditambahkan dengan kentang supaya tidak keras walau sudah dingin. 

Sebab, umbi ini dapat memberi tekstur lembut pada hidangan. Dalam penggunaannya, pakai minimal satu kentang kukus ukuran besar untuk ditambahkan pada adonan combro atau singkong parut. 

Baca juga: Cara Rebus Kentang agar Cepat Matang dan Mudah Dikupas

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com