Kompas.com - 07/04/2021, 20:13 WIB
Ilustrasi kentang kupas yang bisa disimpan dalam kulkas atau langsung dimasak. PIXABAY/MATTHIAS BOCKELIlustrasi kentang kupas yang bisa disimpan dalam kulkas atau langsung dimasak.

KOMPAS.com - Kentang merupakan bahan makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Sering disajikan sebagai pengganti nasi.

Buat kamu yang ingin mengolah kentang menjadi berbagai masakan, baiknya ketahui cara rebus kentang agar cepat matang dan mudah dikupas berikut.

Baca juga: Cara Membuat Donat Kentang Sederhana, Hasil Empuk dan Mengembang Sempurna

1. Kerat melingkar kulit kentang

Dilansir dari Better Homes & Gardens, cara rebus kentang yang pertama adalah cuci dan bersihkan kentang dari kotoran dengan air mengalir agar kotoran yang menempel cepat menghilang.

Kerat melingkar kulit kentang agar mudah dikupas setelah direbus. Pastikan untuk tidak mengiris terlalu dalam.

2. Rendam dengan air dingin

Menurut Andy Barghani dari Bon Appetit dalam laman Yummy, merendam kentang dalam air dingin sebelum direbus akan membuat kentang matang secara merata tanpa bagian luarnya terpecah.

Tentu saja, hasilnya akan lebih lembut dan cocok untuk masakan dengan bahan kentang tumbuk, seperti mashed potato atau saus.

Tambahkan sekitar ½-1 sendok makan garam ke dalam air rendaman kentang. Setelah itu, angkat dan tiriskan kentang. Kentang siap direbus.

Baca juga: 5 Macam Cara Potong Kentang, Dadu sampai Spiral

3. Potong kentang bentuk dadu sebelum direbus

Ilsutrasi kentang kupas.  Dok. Shutterstock/FotoDuets Ilsutrasi kentang kupas.

Kalau kamu ingin merebus kentang yang sudah dikupas sebaiknya potong berbentuk dadu.

Dilansir dari The Kitchn, kentang yang sudah dipotong dadu akan lebih cepat matang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X