Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Wedangan di Yogyakarta, Ada yang Buka Pagi Hari

Kompas.com - 09/01/2022, 09:11 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Yogyakarta cocok untuk jadi destinasi kulineran. Selain mencoba makanan dan camilannya, kamu pun mencicipi aneka wedang atau minuman hangat di sini.

Ada beberapa tempat wedangan di Yogyakarta yang menarik untuk dikunjungi. Tempat-tempat ini bisa menjadi pilihan jika kamu ingin menghangatkan badan saat cuaca dingin.

Baca juga:

Berikut 10 wedangan di Yogyakarta yang bisa jadi pilihan.

Wedang tahu kuah jahe dari Wedang Tahu Bu Kardi yang ada di Yogyakarta. KOMPAS.com/ Lea Lyliana Wedang tahu kuah jahe dari Wedang Tahu Bu Kardi yang ada di Yogyakarta.

1. Wedang Tahu Bu Sukardi

Rata-rata tempat wedangan buka pada sore atau malam hari tapi tak begitu dengan Wedang Tahu Bu Kardi. Wedang Tahu Bu Kardi sudah buka sejak pukul 07.00 WIB.

Sesuai dengan namanya, tempat ini menyajikan wedang tahu tradisional dengan kuah jahe pedas serta sari tahu yang lembut. Harga satu mangkuk wedang tahunya Rp 7.000 saja.

Baca juga:

Jika ingin mencoba kamu bisa datang ke salah satu cabangnya yang ada di sekitar Jalan Asem Gede, Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta.

2. Wedangan Rondjeng

Wedangan Rondjeng memiliki aneka macam minuman tradisional khas Indonesia yang bisa menghangatkan badan. Misalnya saja wedang jahe, wedang secang, dan wedang tape.

Selain minuman hangat tempat makan ini juga memiliki beberapa menu camilan, seperti pisang goreng dan potato wedges. Harga sajiannya sekitar Rp 8.000 - Rp 15.000.

Baca juga:

Tempat ini memiliki interior yang cukup bagus. Oleh karenanya, wajar jika banyak keluarga maupun anak muda yang nongkrong di tempat ini.

Lokasi Wedang Rondjeng ada di sekitar Panembahan, Keraton Yogyakarta. Jam bukanya pukul 17.00-23.00 WIB.

3. Ronde Kauman Mbah Payem

Ilustrasi wedang ronde dalam mangkuk saji. SHUTTERSTOCK/ ZahyMaulana Ilustrasi wedang ronde dalam mangkuk saji.

Ronde kauman Mbah Payem merupakan salah satu tempat wedangan legendaris di Yogyakarta. Meski kini Mbah Payem sudah wafat tapi usaha rondenya masih terus berjalan.

Di tempat ini kamu bisa menikmati wedang ronde dengan kuah jahe yang segar dan pedas. Isian wedangnya cukup sederhana, ada ronde, kacang tanah, serta kolang-kolang.

Harga satu mangkuknya sekitar Rp 6.000.

Baca juga:

Lokasi Wedang Ronde Mbah Payem ada di sekitar Jalan Kauman, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakart. Jam bukanya pukul 19.00-23.00 WIB.

4. Warung Klangenan

Warung Klangenan konon adalah salah satu tempat makan di Yogyakarta favorit Presiden Jokowi. Tempat ini cocok buatmu yang pengin wedangan sembari ngobrol.

Di Warungan Klangenan ini kamu bisa mencicipi aneka wedang serta makanan khas angkringan yang cukup lengkap.

Walau sudah cukup terkenal dan tempatnya nyaman, harga di Warung Klangenan cukup terjangkau, mulai Rp 2.000.

Baca juga:

Lokasi Warung Klangenan ada di Jalan Patangpuluhan Nomor 28, Patangpuluhan, Wirobrajan, Kota Yogyakarta. Jam bukanya pukul 10.00-22.00 WIB.

5. Wedangan Kampoeng

Ilustrasi wedang jahe susu hangat. SHUTTERSTOCK/ Muhammad Alqadri Ramadhan Ilustrasi wedang jahe susu hangat.

Wedangan Kampoeng dapat menjadi pilihan jika kamu ingin nongkrong di tempat bernuansa tradisional.

Selain interiornya yang lekat dengan nuansa Jawa, tempat ini juga memiliki aneka menu tradisional yang menarik untuk dicoba. Termasuk pula wedangannya.

Baca juga:

Di Wedangan Kampoeng kamu bisa menikmati berbagai macam wedang khas Indonesia, mulai dari wedang jahe hingga wedang kunir asem pun ada.

Lokasi Wedangan Kampoeng ada di sekitar Jalan Kaliurang KM 12,5 Candi Karang, Sardonoharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jam bukanya pukul 08.00-19.30 WIB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com