Kompas.com - 18/12/2021, 11:11 WIB
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Selain Malioboro, Tugu Jogja merupakan salah satu spot yang ramai wisatawan. Di sini, wisatawan bisa berfoto atau sekadar nongkrong dan bersantai.

Jika tiba-tiba lapar, di sekitar Tugu Jogja ada beberapa destinasi kuliner yang patut disambangi. Mulai dari menu sarapan hingga makan malam pun ada.

Baca juga:

Berikut ini Kompas.com kumpulkan 15 tempat makan di sekitar Tugu Jogja yang bisa menjadi pilihan.

1. Lupis Mbah Satinem

Penjual lopis di Pasar Gede, Surakarta, Jawa Tengah sedang menjajakan dagangannya pada Sabtu (6/3/2021)KOMPAS.com / Alifia Nuralita Rezqiana Penjual lopis di Pasar Gede, Surakarta, Jawa Tengah sedang menjajakan dagangannya pada Sabtu (6/3/2021)

Lupis Mbah Satinem dapat menjadi pilihan jika kamu ingin sarapan jajan tradisional.

Di sini kamu bisa membeli lupis, gatot, cenil, dan juga tiwul dengan siraman saus gula merah yang legit. Harga satu bungkusnya Rp10.000.

Namun jika ke sini kamu harus rela antre, karena setiap hari ramai pengunjung.

Baca juga:

Lokasinya ada di Jalan Bumijo Nomor 52-40, Bumijo, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta. Jam operasionalnya setiap pukul 05.00-09.00 WIB.

Sebaiknya jangan datang terlalu siang jika tak ingin kehabisan.

2. Soto Sampah

Soto Sampah dapat dikunjungi untuk sarapan maupun makan malam. Sebab, warung sotonya buka pukul 07.00-03.00 WIB.

Di warung soto ini kamu bisa menikmati soto kuah bening yang gurih dengan segar dengan beragam isian, seperti ayam, taoge, hingga soun.

Untuk lauk pelengkap, tersedia aneka sate serta bermacam-macam gorengan.

Baca juga:

Lokasi Soto Sampah ada di Jalan Kranggan Nomor 2, Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta.

3. Gudeg Bu Djuminten

Ilustrasi gudeg. Dok. Shutterstock/wawan cahyana Ilustrasi gudeg.

Gudeg Bu Djuminten cocok dikunjungi oleh penikmat gudeg dengan kuah areh yang gurih.

Warung gudeg ini menyediakan gudeg dengan aneka macam lauk, mulai dari tahu hingga ati ampela. Harga satu porsi gudegnya mulai Rp 10.000.

Gudeg Bu Djuminten juga menyediakan gudeg boks dan kendil yang bisa dibawa untuk oleh-oleh. Kisaran harganya antara Rp 65.000 - Rp 290.000.

Baca juga:

 

Lokasi Gudeg Bu Djuminten di Jalan Asem Gede Nomor 14, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta. Jam bukanya setiap hari pukul 08.00-20.00 WIB.

4. Kebon Ndalem Coffee & Eatery

Buatmu yang ingin nongkrong sambil menikmati keramaian Tugu Jogja, bisa datang ke Kebon Ndalem Coffee & Eatery.

Kafe ini berada tepat di sebelah Tugu Jogja sehingga kamu bisa melihat keramaian pusat Kota Yogyakarta dengan begitu jelas. Apalagi jika kamu duduk di lantai dua maupun lantai tiganya.

Sambil bersantai, kamu dapat menikmati aneka sajian khas kafe ini, seperti nasi bakar ayam kemangi hingga delish smoked beef.

Baca juga:

Kisaran harga hidangan di kafe ini Rp 25.000 - Rp 70.000. Untuk minuman tersedia aneka kopi, frape, jus, dan teh. Harganya mulai Rp 20.000-an.

Lokasi Kebon Ndalem Coffee & Eatery ada di Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 2, Gowongan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta.

Jam buka kafenya setiap hari pukul 10.00-22.00 WIB.

5. Angkringan Pak Jabrik

Angkringan Pak Jabrik merupakan salah satu angkringan favorit wisatawan saat berdatang ke Yogyakarta. Sebab dari angkringan ini kamu bisa melihat tugu Jogja serta merasakan suasana kota Yogyakarta yang ramai.

Kamu bisa duduk-duduk sambil menikmati aneka sajian khas angkringannya. Tersedia pula kopi jos buatmu yang suka ngopi. Kisaran harga minuman dan makannya mulai Rp 2.000.

Baca juga:

Lokasi Angkringan Pak Jabrik ada di sekitar Jalan P. Mangkubumi, Gowongan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta. Jam bukanya pukul 20.30-04.30 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.