Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Kalender Musim Buah di Indonesia Sepanjang Tahun

Kompas.com - 07/01/2022, 21:28 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.comMusim buah di Indonesia silih berganti sepanjang tahun. Beberapa di antaranya hanya bisa ditemukan saat musimnya tiba, sementara sisanya tetap hadir dalam jumlah sedikit.

Menurut Dr Ir Darda Efendi, Dosen Departemen Agronomi dan Hortikultura IPB sekaligus Peneliti Senior di Pusat Kajian Hortikultura Tropika IPB, awal tahun baru biasanya diisi dengan banyak musim buah.

Selama Januari hingga Februari, masyarakat Indonesia bisa dengan mudah menemukan buah alpukat, belimbing, durian, rambutan, dan sawo.

"Durian masih ada yang mulai dari November, jadi cukup numpuk," kata Darda pada Kompas.com, Selasa (4/1/2022).

Hal serupa juga disampaikan oleh Munadih, pedagang buah di Pasar Parung. Menurutnya, musim durian yang berlangsung mulai akhir tahun, masih bisa ditemukan hingga Januari ini.

Baca juga:

"Durian sampai sekarang masih ada karena kalau musim buah kan ya paling sebulan atau dua bulan," ujar Munadih saat ditemui Kompas.com, Kamis (6/1/2022).

Munadih menyampaikan, harga beberapa buah yang sedang musim terbilang aman dan cukup murah.

Rambutan, misalnya. Buah yang musim selama Januari ini dihargai mulai Rp 7.500 per ikat hingga Rp 20.000 untuk tiga ikatan.

"Kalau duku kemarin kita coba duluan, duku biasa paling Rp 15.000 per kilogram, kalau duku palembang Rp 25.000," tutur Munadih terkait harga duku, buah yang mulai musim pada Februari nanti.

Selain duku, ada juga manggis yang akan mulai musim pada Februari. Darda mengatakan, musim manggis kemungkinan berlangsung hingga Mei.

Baca juga: 9 Fakta Menarik Seputar Manggis, Buah Tropis Asli Indonesia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com