Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/01/2022, 10:09 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Ada beberapa jenis buah kering yang kerap digunakan untuk membuat kue. Salah satunya adalah kismis atau raisin. 

Kismis bisa dipakai sebagai topping banyak kue, misalnya bolu maupun pukis.

Penambahan kismis dapat membuat rasa kue lebih unik, ada sensasi asam segarnya. Di samping itu kismis juga dapat menambahkan tekstur pada kue.

Baca juga:

Lantas sebetulnya apa itu kismis? Berikut penjelasan ringkasnya. 

Lebih jauh soal kismis

Melansir dari The Spurce Eats, kismis terbuat dari buah anggur yang dikeringkan dengan sinar matahari atau proses mekanik.

Proses pengeringan kismis dengan sinar matahari biasanya memakan waktu sekitar tiga minggu. Sementara, jika dipanaskan dengan proses mekanik pengeringannya biasanya lebih cepat.

Ada berbagai varietas anggur yang bisa digunakan untuk membuat kismis. Masing-masing daerah memakai jenis anggur yang berbeda. 

Perbedaan tersebut dapat memengaruhi rasa, warna, dan ukuran kismis setelah dikeringkan. Oleh karenanya, wajar jika ada beberapa varian kismis yang umum dijumpai di pasaran. 

Baca juga:

Penggunaan kismis cukup bervariasi, bahkan kamu pun dapat menikmati langsung. Selain itu, kismis bisa ditambahkan pada kue maupun oatmeal. 

Namun perlu diketahui bahwa kismis dapat menyerap cairan. Jadi, sebelum digunakan kismis perlu direndam dulu dalam jus buah atau alkohol agar kue tidak kering. 

Dalam penggunaanya, kismis bisa digantikan dengan kurma, plum kering, maupun cranberry kering. Namun karena ukurannya berbeda-beda maka kamu perlu memotongnya seukuran kismis.

Ilustrasi kismis kuning atau golden raisin. PIXABAY/ byrev Ilustrasi kismis kuning atau golden raisin.

Jenis kismis 

Ada tiga macam kismis yang umum dijual di pasaran, yaitu kismis atau currants, sultana atau anggur kering, serta raisin.

Ketiga jenis ini terbuat dari anggur yang berbeda sehingga memiliki karakteristik yang berbeda pula. 

Baca juga:

Melansir dari Healthline, currants atau dikenal dengan kismis zante terbuat dari anggur kecil yang dikeringkan. Varietas yang digunakan yaitu anggur tanpa biji atau carina.

Kismis ini dikeringkan selama tiga minggu. Dari segi ukuran, kismis ini lebih kecil serta memiliki rasa manis yang cukup instens. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com