Kompas.com - 01/12/2021, 11:11 WIB
ilustrasi waffle cokelat. SHUTTERSTOCK/Grezova Olgailustrasi waffle cokelat.

KOMPAS.com - Waffle adalah sejenis camilan yang biasanya disajikan dengan potongan buah, sirup, atau es krim di atasnya.

Cara membuat waffle tidak sulit. Namun, ada yang perlu kamu perhatikan dalam membuat adonan wafflenya agar hasilnya tidak berujung gagal.

Berikut, ada cara membuat waffle yang bisa kamu ikuti dengan mudah. Hal ini agar hasilnya renyah dan lembut seenak yang di kafe.

Baca juga:

1. Pastikan cetakan waffle dalam keadaaan panas

Melansir dari laman Simply Recipes, adonan waffle harus dicetak dengan alat untuk mematangkannya. Sebelum menggunakannya, kamu harus menyalakan cetakan dan memastikannya dalam keadaan panas.

Olesi dengan mentega atau margarin. Pastikan cetakan waffle mendesis untuk menandakan kalau cetakan dalam keadaan panas.

Kalau kamu menggunakan cetakan waffle yang tidak panas, bisa membuat adonan lembek dan tidak krispi.

Ilustrasi waffle dengan maple syrup, butter, dan stoberi. PIXABAY/ Davies Designs Ilustrasi waffle dengan maple syrup, butter, dan stoberi.

2. Mengganti penggunaan bahan buttermilk pada adonan waffle

Kalau kamu ingin membuat waffle crispy, tipsnya adalah ganti penggunaan buttermilk dengan susu pada saat membuat adonan waffle.

Susu membantu adonan waffle lebih cair dan encer. Hal ini bisa membuat tekstur waffle menjadi renyah dan lebih ringan.

Kamu bisa menggunakan susu murni atau susu dengan rasa. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan jenis susu lainnya seperti, susu skim atau susu almond.

3. Panggang waffle yang sudah matang di oven

Masih dari laman Simply Recipes yang sama, panggang waffle yang sudah matang di oven. Cara ini bisa membuat waffle memiliki tekstur renyah yang garing tahan lama.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.