Kompas.com - 30/11/2021, 21:22 WIB
Menyimpang biji kopi dalam wadah kedap udara dan tak tembus pandang dapat membantu menjaga kesegaran kopi selama disimpan di rumah. Unsplash/Nadia ValkoMenyimpang biji kopi dalam wadah kedap udara dan tak tembus pandang dapat membantu menjaga kesegaran kopi selama disimpan di rumah.

KOMPAS.com - Indonesia menjadi tuan rumah kompetisi kopi Cup of Excellence (COE) pertama di Asia. 

COE adalah kompetisi tahunan untuk menemukan kopi-kopi berkualitas tinggi (specialty coffee) dan memberi apresiasi yang setimpal bagi para petani kopi. 

“Penyelenggaraan COE di Indonesia, adalah catatan sejarah baru yang membawa harapan untuk kopi-kopi di Indonesia untuk berkembang secara benar dan baik dari segi kualitas dan juga memperkuat dari segi branding di dunia,” kata Country Coordinator, Andi Widjaja dikutip dari Antaranews, Sabtu (27/11/2021). 

Sebanyak 36 petani kopi Indonesia berhasil lolos seleksi pada ajang tersebut setelah melalui seleksi selama 90 hari.

Baca juga:

COE diselenggarakan sejak 2 Agustus 2021 di Bandung, Jawa Barat. Kompetisi COE menerima sampel pra seleksi dari para petani kopi di seluruh Indonesia.

Penerimaan lot kualifikasi nasional mulai dilakukan pada 13 Oktober hingga 6 November 2021.

Setiap kopi yang didaftarkan diwajibkan mengikuti syarat administratif yang akan menjamin ketelusuran kopi tersebut.

Sembilan orang juri yang ahli dalam industri kopi melakukan penjurian selama pekan penjurian pra seleksi yang berlangsung selama 4-8 Oktober 2021. 

Mereka adalah Christian Hidajat, Kristian Batafor, Eriex Yohanes Prasetyo, Wiliam Edison, Andika Ajie, Laila Dimyati, Rani Kartika, Shirley Wirawan serta juri kepala yang berasal dari Kenya, Stephen E Vick.

Baca juga: Cara Simpan Biji Kopi agar Tahan hingga Satu Tahun, Tips dari Barista

Kompetisi juga dilakukan bersama dengan Headjudge, Stephen Vick, asal Amerika Serikat yang bermukim di Kenya. 

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Antara
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.