Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Usaha Roti Gembong Anti Repot, Cukup Taruh Modal

Kompas.com - 30/11/2021, 20:04 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Franchise atau kemitraan dapat menjadi pilihan jika kamu ingin membangun usaha tanpa repot memikirkan branding

Salah satu usaha kemitraan yang menarik untuk dicoba yaitu Roti Gembong Gedhe. Gerai roti gembong yang terkenal di Yogyakarta ini dapat menjual sekitar 300 roti setiap harinya. 

Walau kemitraannya banyak, tapi hampir seluruh gerai Roti Gembong Gedhe ramai pembeli.

Baca juga:

Menurut Rifawan Pradipta Kusuma atau akrab disapa Adip, Direktur Utama Roti Gembong Gedhe hal ini karena prinsip kerja sama yang diterapkan di setiap gerainya. 

"Satu toko itu mungkin sekarang sekitar 300 sih minimal. Rata-rata memang semua toko segitu. Bukanya bisa sampai jam 19.00-20.00, masih kerja sama. Misal roti di sini habis, bisa di setor ke yang mana yang lebih-lebih. Sekarang kerja sama kayak gitu," jelas Adip kepada Kompas.com, Rabu (24/11/2021).

 

Ilustrasi produk Roti Gembong Gedhe. INSTAGRAM/ Roti Gembong Gedhe Ilustrasi produk Roti Gembong Gedhe.

Cara franchise roti gembong 

Cara menjadi mitra Roti Gembong Gedhe cukup sederhana tapi harus bersabar karena permintaannya cukup banyak. 

"Join kemitraan itu biasanya langsung menghubunginya CEO nya langsung, Bu Fajar itu, ibu saya. Biasanya nanti kira-kira mau opening di mana, karena sampai saat ini juga antrian kerja sama itu masih banyak, sampai bingung mau di mana," tutur Adip. 

Baca juga:

Kendati demikian manajemen Roti Gembong Gedhe telah memiliki strategi khusus untuk meningkatkan penjualan setiap mitra.

Caranya, proses pembukaan cabang untuk mitra dilakukan secara bertahap, dari satu kawasan ke kawasan lainnya. Dengan demikian, masyarakat di area tersebut sudah mengenal roti gembong sehingga pemasarannya lebih mudah.

"Memang dari manajemen itu mengharapkan toko yang mau dibuka itu berpotensi ramai, jadi investor juga senang kerja sama. Makanya, wilayahnya sudah disusun, kalau untuk saat ini sudah mau ke arah barat sampai timur," jelas Adip.

"Itu salah satu keuntungan opening-nya dekat-dekat. Misalnya Semarang, itu nanti ke area Pati, Kudus, lah itu kan banyak masyarakat yang akhirnya tahu," tambahnya.

Selain itu, hal tersebut juga memudahkan pengiriman bahan baku, karena bisa sekali jalan.

Ilustrasi pelayanan di salah satu gerai Roti Gembong Gedhe. INSTAGRAM/ Roti Gembong Gedhe Ilustrasi pelayanan di salah satu gerai Roti Gembong Gedhe.

Modal dan keuntungan

Keunikan dari kemitraan Roti Gembong Gedhe yakni mitra hanya perlu menaruh modal saja. Modal yang dibutukan sekitar Rp 225 juta. 

Sementara itu, manajemen Roti Gembong Gedhe akan membantu mengelola SDM, operasional, pemasaran, hingga keuangan toko. Jadi, kamu sebagai mitra tidak perlu repot memikirkan lainnya.

"Mitra kerja sama itu uniknya, bapak ibu ada ide yang pemilik modal itu hanya memberikan modal. Jadi seperti operasional, SDM, pemasaran, dan keuangan harian toko itu yang mengelola kami di kantor," tutur Adip.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com