Kompas.com - 30/11/2021, 20:04 WIB
Ilustrasi roti gembong dalam kotaknya. KOMPAS.com/ Lea LylianaIlustrasi roti gembong dalam kotaknya.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Franchise atau kemitraan dapat menjadi pilihan jika kamu ingin membangun usaha tanpa repot memikirkan branding

Salah satu usaha kemitraan yang menarik untuk dicoba yaitu Roti Gembong Gedhe. Gerai roti gembong yang terkenal di Yogyakarta ini dapat menjual sekitar 300 roti setiap harinya. 

Walau kemitraannya banyak, tapi hampir seluruh gerai Roti Gembong Gedhe ramai pembeli.

Baca juga:

Menurut Rifawan Pradipta Kusuma atau akrab disapa Adip, Direktur Utama Roti Gembong Gedhe hal ini karena prinsip kerja sama yang diterapkan di setiap gerainya. 

"Satu toko itu mungkin sekarang sekitar 300 sih minimal. Rata-rata memang semua toko segitu. Bukanya bisa sampai jam 19.00-20.00, masih kerja sama. Misal roti di sini habis, bisa di setor ke yang mana yang lebih-lebih. Sekarang kerja sama kayak gitu," jelas Adip kepada Kompas.com, Rabu (24/11/2021).

 

Ilustrasi produk Roti Gembong Gedhe. INSTAGRAM/ Roti Gembong Gedhe Ilustrasi produk Roti Gembong Gedhe.

Cara franchise roti gembong 

Cara menjadi mitra Roti Gembong Gedhe cukup sederhana tapi harus bersabar karena permintaannya cukup banyak. 

"Join kemitraan itu biasanya langsung menghubunginya CEO nya langsung, Bu Fajar itu, ibu saya. Biasanya nanti kira-kira mau opening di mana, karena sampai saat ini juga antrian kerja sama itu masih banyak, sampai bingung mau di mana," tutur Adip. 

Baca juga:

Kendati demikian manajemen Roti Gembong Gedhe telah memiliki strategi khusus untuk meningkatkan penjualan setiap mitra.

Caranya, proses pembukaan cabang untuk mitra dilakukan secara bertahap, dari satu kawasan ke kawasan lainnya. Dengan demikian, masyarakat di area tersebut sudah mengenal roti gembong sehingga pemasarannya lebih mudah.

"Memang dari manajemen itu mengharapkan toko yang mau dibuka itu berpotensi ramai, jadi investor juga senang kerja sama. Makanya, wilayahnya sudah disusun, kalau untuk saat ini sudah mau ke arah barat sampai timur," jelas Adip.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.