Kompas.com - 27/11/2021, 12:13 WIB
Ilustrasi saus guacamole. DOK.SHUTTERSTOCK/rontavIlustrasi saus guacamole.

KOMPAS.com - Kamu pernah menemui menu camilan nachos yang disajikan lengkap dengan saus hijau segar. Nama dari saus tersebut adalah guacamole.

Saus guacamole terbuat dari alpukat sebagai dasarnya. Biasanya, dicampurkan dengan air jeruk nipis dan rempah sebagai penambah rasa dan aroma saus.

Baca juga:

Selain disajikan dengan nachos, guacamole juga biasa disajikan dengan roti bakar sebagai isian dan telur rebus di atasnya.

Selengkapnya, simak penjelasan singkat mengenai apa itu guacamole berikut ini.

Apa itu guacamole

Ilustrasi guacamole.DOK.SHUTTERSTOCK/Tatiana Volgutova Ilustrasi guacamole.

Melansir dari laman Spoon University, guacamole adalah saus krim yang terbuat dari alpukat sebagai bahan dasarnya. Guacamole banyak disajikan dengan menu makanan khas Meksiko.

Seperti, sebagai cocolan keripik atau topping taco. Dalam laman tersebut menyebutkan kalau guacamole sudah ada sejak tahun 1500-an.

Suku Aztec yang menciptakan saus guacamole dan menyebutnya dengan ahuaca-mulli. Ketika bangsa Spanyol berhasil menaklukkan suku Aztec, mereka membawa saus guacamole kembali ke tanah asal.

Saus yang didominasi dengan warna hijau ini kemudian berkembang dan menjadi populer di akhir tahun 1900-an di Spanyol.

Masih dalam laman yang sama, saus guacamole biasanya terbuat dari garam, air jeruk nipis, tomat potong dadu, bawang merah, dan daun ketumbar.

Baca juga:

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.