Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Sebagian Vegetarian Tidak Makan Bawang?

Kompas.com - 04/11/2021, 09:34 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Vegetarian merupakan sebutan untuk orang yang tidak mengonsumsi bahan makanan hewani. Sebaliknya, para vegetarian akan mengonsumsi bahan makanan nabati yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Tidak hanya menghindari konsumsi daging hewani, sebagian vegetarian juga memilih untuk tidak makan semua jenis bawang, seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombai, dan daun bawang.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Co Founder Jakarta Vegetarian Community, Vyvy Kecesy kepada Kompas.com, Senin (1/11/2021).

"Memang sebenarnya kalau kita melihat style di luar negeri, untuk kategori vegan atau vegetarian itu setiap negara punya standar yang berbeda-beda karena itu dipengaruhi oleh kebiasaan, budaya, maupun agama mayoritas di negara tersebut," jelas Vyvy.

Baca juga:

Ilustrasi bawang putih kupas. PEXELS/ Cats Coming Ilustrasi bawang putih kupas.

Alasan vegetarian tidak makan bawang

Vyvy menuturkan, salah satu standar berbeda dari vegetarian adalah perihal mengonsumsi bawang.

Vegetarian yang tinggal di kawasan Asia, termasuk Indonesia, lebih banyak yang tidak mengonsumsi bawang dibandingkan dengan vegetarian di kawasan Amerika dan Eropa.

"Kita lihat di Amerika, di Eropa, mereka itu yang menjadi vegetarian masih mengonsumsi bawang-bawangan dan tumbuhan itu kan salah satunya bawang-bawangan. Itu masih dikonsumsi di negara-negara Amerika," kata Vyvy.

Pernyataan serupa juga disampaikan oleh Dr Susianto, MKM, President of World Vegan Organisation (WVO) dan Vegan Society of Indonesia (VSI).

"Vegetarian di Asia tenggara, termasuk lagi di Indonesia itu tidak mengonsumsi bawang tetapi tidak semua. Ada yang konsumsi bawang juga. Kalau di Eropa, Australia, New Zealand, hampir bisa dibilang seluruh vegetarian di dunia barat semuanya makan bawang," tutur Susianto kepada Kompas.com, Rabu (3/11/2021).

Baca juga:

Namun, Vyvy tidak menyangkal bila masih ada sebagian vegetarian di luar Asia yang juga memilih untuk tidak mengonsumsi bawang karena alasan kesehatan.

Biasanya, para vegetarian di negara-negara barat, yang menjadi vegetarian karena alasan kesehatan, memilih menghindari konsumsi bawang untuk beberapa tujuan. Salah satunya agar emosi lebih terkontrol dengan baik.

"Kalau dengan mengonsumsi bawang itu agak sedikit lebih emosi dan hawa napsunya itu libidonya lebih tinggi. Jadi buat mereka yang butuh latihan, meditasi, yoga, itu bukan ke agama lah tetapi lebih ke penyembuhan itu lebih menghindari konsumsi bawang," jelas Vyvy.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com