Kompas.com - 07/10/2021, 22:03 WIB
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Bakmi jawa merupakan salah satu kuliner legendaris khas Yogyakarta.

Saat berkunjung ke kota ini, kamu akan menjumpai banyak warung bakmi jawa di pinggir jalan. Salah satunya adalah Bakmi Jawa Mbah Parto

Sekilas warung ini sama seperti warung bakmi jawa pada umumnya. Kendati demikian, warung ini memiliki keunikan sendiri. 

Di warung Bakmi Jawa Mbah Parto, kamu diperbolehkan untuk coba memasak bakmi jawa sendiri.

Bahkan jika ingin berjualan bakmi jawa, pemilik maupun karyawannya dengan senang hati membagikan ilmunya. 

Baca juga:

Mengenal warung Bakmi Jawa Mbah Parto 

Warung Bakmi Jawa Mbah Parto memiliki beberapa cabang. Salah satunya ada di Jalan Glagah Sari Nomor 134, Umbulharjo, Yogyakarta. 

Warung ini buka setiap hari pukul 16.00-habis. Menu yang disajikan di antaranya bakmi jawa rebus, bakmi goreng, magelangan, dan nasi godog.

Ilustrasi bakmi jawa rebus dan goreng dari warung Mbah Parto. KOMPAS.com/ Lea Lyliana Ilustrasi bakmi jawa rebus dan goreng dari warung Mbah Parto.

Ahmad Riyanto, karyawan Bakmi Jawa Mbah Parto menuturkan bahwa warung ini sudah buka sejak 2017. Namun kala itu pembelinya belum banyak.  

"Awal buka itu 2017, tapi ya namanya awal buka, jadi yang belum ramai. Awal itu pendapatannya cuma Rp 200.000 - Rp 300.000. Dulu produksi awal juga banting harga, dulu seporsi Rp 10.000," jelas Ahmad kepada Kompas.com (03/10/2021).

Baca juga:

Sekitar tahun 2019, warung Bakmi Jawa Mbah Parto mulai ramai. Bahkan, kala itu mereka dapat menghabiskan 10 ekor ayam untuk membuat bakmi jawanya. 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.