Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencoba Bakmi Jawa di Warung Pak Geno, Kuliner Malam Legendaris di Yogyakarta

Kompas.com - 05/10/2021, 20:11 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com -  Bakmi Jawa Pak Geno merupakan salah satu warung bakmi jawa legendaris di Yogyakarta. 

Warung ini menjual bakmi jawa dengan kuah gurih dari kaldu ayam kampung dan dimasak dengan telur bebek. 

Menu yang dijual ialah bakmi godog atau rebus, bakmi goreng, dan magelangan. Lalu, ada pula nasi godog atau nasi rebus, yaitu nasi dan mi yang dimasak bersama kuah. 

Beberapa waktu lalu Kompas.com berkesempatan mencoba bakmi jawa dari warung legendaris ini. Kompas.com memesan bakmi godog dan jeruk hangat. 

Baca juga:

Butuh waktu sekitar satu jam untuk menunggu pesanan datang. Pasalnya, kala itu Kompas.com datang tepat di jam makan malam. 

Saat makanan datang, saya langsung dapat mencium aroma gurih dari kuahnya.

Jika dibandingkan dengan bakmi jawa yang sudah pernah Kompas.com santap, kuah bakmi jawa di warung Pak Geno ini sedikit agak lebih kental dan pekat. 

Sebetulnya Kompas.com sempat ragu, karena bakmi jawa di warung Pak Geno menggunakan telur bebek. Sejujurnya, saya takut baunya terlalu amis, tetapi setelah dihidangkan aromanya justru gurih. 

Saat disantap, kuah kaldu yang gurih berpadu dengan baik dengan telur asinnya. Jadi, saat disantap kuahnya terasa segar dan hangat. 

Cocok buatmu yang sedang ingin menyantap sajian berkuah hangat pada malam yang dingin.

Ilustrasi pemiliki warung Bakmi Jawa Pak Geno sekarang, sedang memasak bakmi jawa. KOMPAS.com/ Lea Lyliana Ilustrasi pemiliki warung Bakmi Jawa Pak Geno sekarang, sedang memasak bakmi jawa.
 

Di samping itu, minya pun terasa kenyal, tidak lembek atau justru keras. Potongan ayam kampungnya juga cukup banyak, sayangnya teksturnya agak sedikit alot. 

Baca juga:

Kompas.com juga sempat mencicipi menu bakmi gorengnya. Dari segi tekstur, mi dari bakmi goreng ini sedikit terasa lebih kenyal. 

Mengenai rasanya, bakmi goreng ini gurih dengan sedikit hint manis, karena memakai kecap.

Menurut Kompas.com, bakmi jawa ini akan lebih nikmat disantap bersama kerupuk. Sayangnya di warung Pak Geno tidak disediakan. 

Jika kamu pecinta pedas, di warung Pak Geno disediakan cabai rawit segar untuk pelengkapnya. Atau, dapat pula memesan dengan tambahan potongan cabai supaya dapat dimasak bersamaan dengan bakminya. 

Soal porsi, bagi Kompas.com porsinya cukup, tidak terlalu banyak atau sedikit. Sehingga cocok buatmu yang ingin menyantap makanan besar untuk makan malam. 

Baca juga:

Untuk harganya sendiri, satu porsi bakmi jawa diberi harga Rp 20.000. Sementara itu, harga minumannya sekitar Rp 3.000. 

Warung Bakmi Jawa Pak Geno berlokasi di Jl. Mangkuyudan, Mantrijeron, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta. Lokasi tepatnya berada di samping Hotel Nidia. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com