Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bungkus Lemper agar Rapi, Tidak Lengket di Tangan

Kompas.com - 04/10/2021, 19:04 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Cara membuat lemper sebetulnya mudah. Namun ada satu kendala yang kerap dikeluhkan oleh beberapa orang yakni saat proses membungkusnya.

Lemper terbuat dari beras ketan yang memiliki tekstur lengket setelah dimasak. Karena hal tersebut, lemper menjadi sulit dibentuk dengan rapi. 

 Baca juga:

 

Melalui wawancara daring, pemilik usaha hamper jajan pasar 15MinuteCooking, Wita Lawin membagikan tips membungkus lemper supaya rapi. Berikut ulasannya. 

1. Segera dibentuk setelah beras ketan matang 

Beras ketan untuk membuat lemper umumnya dimasak dengan cara diaron. Setelah matang, beras tersebut harus segera diisi dan dibentuk. 

Sebab, jika sudah dingin beras ketan menjadi keras dan sukar dibentuk. 

"Kalau sudah matang, biasanya langsung saya isi langsung terus saya simpan. Jadi disimpannya setelah diisi, karena kalau sudah dingin akan susah membentuknya," jelas Wita kepada Kompas.com Kamis (30/09/2021)

ilustrasi lemper isi ayam, jajan pasar asin.DOK.SHUTTERSTOCK/RATNA WULAN SARI ilustrasi lemper isi ayam, jajan pasar asin.

2. Olesi telapak tangan dengan minyak

Sebelum membentuk lemper, baiknya kamu mengolesi telapak tangan dengan minyak terlebih dulu. Hal ini perlu dilakukan supaya beras ketannya tidak menempel di tangan. 

"Lemper itu kan memang lengket ya karena ketan. Biasanya tangannya diolesi minyak goreng bersih gitu, minyak kelapa bersih dulu. Terus baru ambil buat dibentuk langsung," ungkap Wita.

Baca juga:

3. Gunakan plastik 

Ilustrasi lemper bakar, isinya bisa ayam atau ikan. SHUTTERSTOCK/ODUA IMAGES Ilustrasi lemper bakar, isinya bisa ayam atau ikan.

Cara membungkus lemper agar rapi dapat menggunakan plastik. Plastik tersebut dapat dimanfaatkan untuk menggulung lemper sebelum dibungkus dengan daun pisang. 

"Biasanya kalau saya diplastik dulu, dibentuk ambil dua sendok gitu terus dibentuk diplastik, diisi, baru digulung terus dibungkus gitu," terang Wita. 

Baca juga: Resep Lemper Ayam untuk Jualan, Bisa Dibakar agar Lebih Harum

Menambahkan dari artikel Kompas.com, lemper dapat dibungkus penuh atau setengah tertutup.

Jika lemper hendak dibakar, maka kamu dapat membungkusnya seperti lontong atau arem-arem.  

Untuk menyemat ujungnya, kamu bisa memakai lidi atau staples. Pastikan kamu menyematkan dengan kencang supaya bungkusnya tidak terbuka. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com