Kompas.com - 03/10/2021, 19:09 WIB
Ilustrasi lemper bakar, isinya bisa ayam atau ikan. SHUTTERSTOCK/ODUA IMAGESIlustrasi lemper bakar, isinya bisa ayam atau ikan.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Lemper dan arem-arem memiliki bentuk yang mirip. Keduanya sama-sama dibungkus dengan daun pisang. 

Kemiripan lemper dan arem-arem kerap kali membuat beberapa orang keliru memilihnya. Padahal sebetulnya dua kudapan ini berbeda.  

Melalui wawancara daring, Wita Lawin pemilik usaha hamper jajan pasar 15MinutesCooking membagikan perbedaan lemper dan arem-arem. Berikut ulasannya. 

Baca juga:

1. Bahan

Perbedaan utama lemper dan arem-arem yakni pada bahan bakunya. Arem-arem terbuat dari berasa putih, sedangkan lemper menggunakan beras ketan untuk bahan bakunya.

"Arem-arem itu kan beras yang diaron dulu pakai santan, dikasih isian, dibungkus daun pisang, terus dikukus lagi. Itu arem-arem, kayak lontong gitu lo! Tapi full beras," jelas Wita kepada Kompas.com

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Nah kalau lemper-lemper, itu full beras ketan. Kalau tadi beras biasa, lemper full beras ketan," tambahnya. 

Ilustrasi arem-arem, terbuat dari nasi dan santan dalam bungkus daun pisang. Isinya sambal tempe. SHUTTERSTOCK/RIANA AMBARSARI Ilustrasi arem-arem, terbuat dari nasi dan santan dalam bungkus daun pisang. Isinya sambal tempe.

2. Isian

Perbedaan lemper dan arem-arem juga ada pada isiannya. Menurut Wita isian arem-arem biasanya lebih basah daripada lemper.

Isian tersebut dapat menjadi lauk untuk selongsong lontongnya.  

"Isian arem-arem itu biasanya agak nyemek-nyemek gitu. Dan, biasanya rata-rata isiannya itu kayak tumisan ayam, kentang, wortel. Atau, kadang-kadang pakai telur asin," jelas Wita. 

"Kalau arem-arem itu isiannya agak nyemek gitu, supaya kayak ngasih lauk ke lontongnya gitu. Supaya berasa makan nasi sama lauk," tambahnya.

Baca juga:

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.