Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/08/2021, 16:11 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pasien Covid-19 yang sedang isolasi mandiri (isoman) disarankan untuk banyak istirahat, berjemur di bawah sinar matahari, dan mengonsumsi banyak makanan.

Menurut dr. Kristina Joy Herlambang, BMedSci (Hons), MGizi, SpGK, makanan yang harus dikonsumsi oleh pasien Covid-19 yang sedang isoman adalah makanan bergizi.

“Fokusnya bukan menurunkan atau menaikkan berat badan tetapi karena kita berpikir kesehatan itu adalah mengonsumsi makanan yang bergizi," kata Joy dalam live Instagram NGOENYAH "Ngobrol Renyah" @my.foodplace, Kamis (19/8/2021).

Baca juga: Kirim Makanan untuk Teman yang Isoman, Coba 7 Resep Sayur Kacang

Bukan hanya bergizi, Joy mengatakan, makanan yang dikonsumsi oleh pasien Covid-19 yang sedang isoman harus mengandung gizi seimbang.

Gizi seimbang dalam makanan yaitu harus mengandung karbohidrat, protein, dan lemak yang didapat dari bahan makanan berkualitas atau bahan makanan segar yang alami dan tidak mengandung bahan kimia.

"Sebisa mungkin hindari makanan yang terlalu banyak diproses, misalnya dari zat aditif, pengawet, atau penstabil," ujar Joy.

Baca juga: 10 Ide Makanan dan Minuman untuk Dikirim ke Teman yang Sedang Isoman

ilustrasi tempe. SHUTTERSTOCK/Ika Rahma H ilustrasi tempe.

Pentingnya konsumsi protein

Menurut Joy, orang Indonesia cenderung lebih banyak mengonsumsi karbohidrat ketimbang nutrisi lain seperti protein.

Padahal, Joy mengatakan bahwa kebutuhan konsumsi protein terbilang tinggi, khususnya bagi pasien Covid-19 yang sedang isoman.

"Jangan cuma fokusnya di bahan makanan sumber karbohidrat aja tetapi bahan protein, apakah nabati atau hewani, kita juga harus perhatikan. Jadi, misalnya kalau protein hewani, bisa daging sapi, telur, gampang banget sebenarnya di mana-mana banyak," jelas Joy.

Baca juga: 7 Resep Puding Enak dan Bernutrisi, Ide Hampers Isoman

Sementara untuk protein nabati, Joy menyebut, pasien Covid-19 yang sedang isoman bisa mengonsumsi tahu atau tempe.

Selain karbohidrat dan protein, Joy menyampaikan bahwa pasien Covid-19 yang sedang isoman bisa mengosumsi makanan atau minuman yang dibuat dari campuran rempah.

"Misalnya bawang putih bawang merah daun salam, itu semua punya zinc, vitamin C, dan antioksidan yang bagus banget. Itu semua bisa menambah stamina supaya sistem pertahanan tubuh kita selama isoman itu bagus," tutur Joy.

Baca juga: 7 Katering Isoman di Jakarta dan Sekitarnya, Harga Mulai Rp 33.000

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com