Kompas.com - 27/07/2021, 13:33 WIB
ilustrasi makanan sehat Shutterstockilustrasi makanan sehat

KOMPAS.com - Perhatikan betul pemilihan menu dan gizi makanan sebelum mengirim bekal untuk teman atau keluarga yang sedang isolasi mandiri (isoman).

Pasien Covid-19 butuh makanan bergizi untuk mempercepat pemulihan kesehatan.

Dokter, filsuf, dan ahli gizi komunitas, Tan Shot Yen, dalam artikel Kompas.com yang tayang Senin (8/2/2021) menyarankan untuk mempelajari cara menyajikan makanan kaya nutrisi yang tetap terjaga manfaatnya.

Baca juga: Berapa Porsi Makan Pasien Covid-19 yang Dirawat di Rumah?

Tan menyebutkan Kementerian Kesehatan mengeluarkan panduan makan terkait gizi seimbang. Makanan ini baik dikonsumsi untuk orang sehat dan yang sedang sakit, seperti berikut:

1. Makanan pokok seperti nasi, ubi, singkong, jagung dan lain sebagainya.

2. Lauk-pauk seperti ikan, daging ayam, daging sapi, telur, dan lain sebagainya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

3. Buah-buahan, sangat lebih baik dimakan dengan cara digigit langsung bukan di jus dengan campuran kental manis ataupun gula.

4. Sayuran, semua jenis sayuran, baik untuk tubuh jika dicuci bersih dan di masak dengan cara yang tepat.

Selain itu, Tan mengingatkan untuk membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak agar tidak berlebihan. Jangan lupa cuci bersih makanan yang akan diolah.

Mengonsumsi makanan berkuah dapat membantu makanan lebih mudah tertelan. SHUTTERSTOCK/EVY ALISHA Mengonsumsi makanan berkuah dapat membantu makanan lebih mudah tertelan.

World Health Organization (WHO) juga memberikan panduan makan sehat untuk orang dewasa selama pandemi Covid-19 seperti dikutip dari berita Kompas.com yang tayang Sabtu (19/12/2020).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.