Kompas.com - 28/06/2021, 17:07 WIB
ilustrasi makanan sehat. SHUTTERSTOCK/Tatjana Baibakovailustrasi makanan sehat.

KOMPAS.com - Pasien Covid-19 tanpa gejala atau dengan gejala ringan dianjurkan untuk isolasi mandiri di rumah.

Melansir berita Kompas.com yang tayang pada Minggu (27/6/2021), pasien Covid-19 tanpa gejala atau dengan gejala ringan bisa menjalani isolasi mandiri di rumah serta diharuskan melakukan pemantauan mandiri.

Selain itu, pasien Covid-19 juga diharuskan meminum paket obat yang telah diberikan, menjalankan protokol kesehatan, dan terus berkomunikasi dengan petugas kesehatan.

Menurut Supervisor Ahli Gizi Mymeal Catering Nurlayla S.Gz, kebutuhan makan pasien Covid-19 harus ditambah dari porsi biasanya.

Baca juga: Resep Bubur Kacang Ijo Tanpa Santan, Camilan untuk Pasien Covid-19

Tambahan porsi makan untuk pasien Covid-19

ilustrasi makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. SHUTTERSTOCK/marilyn barbone ilustrasi makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Konsumsi makanan pasien Covid-19 dianjurkan tinggi protein dan memiliki asupan kalori 13 persen lebih banyak dari biasanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Karena ada penambahan porsi kalori dan protein dari total yang harus dikonsumsi sehari-hari itu maka ada penambahan frekuensi makan," tutur Nurlayla kepada Kompas.com, Sabtu (26/6/2021).

Tiga kali makan dan dua kali camilan dalam sehari umum digunakan untuk orang sehat. Namun, ada penambahan menjadi tiga kali makan dan tiga kali camilan untuk pasien Covid-19.

"Makanya snacknya ada tambahan buah karena dalam buah ada sumber vitamin, istilahnya lebih ke porsi kecil tapi sering," kata Nurlayla.

Baca juga: Resep Pepes Telur Jamur Kukus, Makanan Minim Minyak untuk Pasien Corona

Jika makanan yang dianjurkan adalah tinggi protein dan kalori, camilan untuk pasien Covid-19 bisa apa saja selama masih termasuk camilan sehat.

"Snack apa saja bisa dikonsumsi seperti buah potong dan jus. Intinya snack sehat yang ada kandungan vitamin A, D, E, dan K," ujar Nurlayla.



Sumber Kompas.com
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.