Kompas.com - 24/07/2021, 12:07 WIB
Ilustrasi mencuci wadah plastik yang berminyak. SHUTTERSTOCK/ photographyfirmIlustrasi mencuci wadah plastik yang berminyak.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Wadah plastik bisa menjadi pilihan untuk menyimpan beragam hidangan. Sebab, wadah ini cukup ringan dan dapat ditutup rapat. 

Di samping kepraktisan dan kenyamannya, sayangnya wadah plastik cukup sulit dibersihkan. Terlebih jika digunakan untuk menyimpan masakan berminyak dan berlemak, seperti rendang.

Baca juga: 6 Cara Bersihkan Teflon Pemanggang Setelah Bikin Sate

Tak perlu khawatir, berikut ini ada cara membersihkan wadah plastik berminyak yang mudah dipraktikkan. 

1. Bersihkan dengan air panas dan garam

Dikutip dari "SajianKu VOL 10/I/2014: Serba-Serbi Dibalik Sedapnya Ikan Bakar, Membuat Sate Daging Yang Empuk" oleh Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada, untuk membersihkan wadah plastik yang berminyak kamu dapat merendamnya di air panas. 

Baca juga: 4 Cara Hilangkan Bau Daging di Talenan Kayu, Bisa Pakai Garam Kasar

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Caranya, cukup tuang air panas ke dalam baskom lalu beri sedikit garam. Diamkan beberapa saat agar noda minyaknya terangkat, kemudian bilas hingga bersih.

Ilustrasi wadah plastik, wadah makanan plastik.FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi wadah plastik, wadah makanan plastik.

2. Cuci dengan sabun sambil dikocok 

Dalam laman Insider, dibagikan cara membersihkan wadah plastik berminyak dengan praktis. Untuk membersihkan kamu perlu menyiapkan sabun cuci piring dan tisu dapur. 

Baca juga: 4 Cara Bersihkan Alat Bakar Sate, Hilangkan Noda Membandel Pakai Cuka

Selanjutnya, tuang sabun cuci piring ke dalam wadah lalu isi dengan air. Masukkan pula tisu dapur yang sudah diremas kemudian tutup wadahnya.

Kocok wadah plastik dengan kuat agar sisa minyaknya terangkat. Jika sudah, bilas seperti biasa dan lap hingga kering.

3. Bersihkan dengan baking soda dan cuka 

Ilustrasi baking soda sebagai bahan alami pembersih berbagai permukaan di rumah. FREEPIK Ilustrasi baking soda sebagai bahan alami pembersih berbagai permukaan di rumah.

Baking soda dan cuka juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas minyak pada wadah plastik, seperti dikutip dari Chowhound. Cara penggunakannya cukup simpel dan praktis. 

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.