Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Konsumsi Air Rebusan Kulit Pohon Jamblang

Kompas.com - 29/06/2021, 11:38 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Buah jamblang atau duwet terkenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Namun, tak hanya bagian daging buahnya saja yang berkhasiat. Bagian kulit pohon duwet juga bisa dikonsumsi untuk tujuan pengobatan.

“Di India, kulit batang jamblang direbus untuk mengendalikan efek diabetes,” terang peneliti dari Pusat Kajian Hortikultura Tropika Institut Pertanian Bogor (IPB) Sobir ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (24/6/2021).

Baca juga: Apa Itu Buah Jamblang? Buah Langka Masih Satu Keluarga dengan Jambu

Seperti dikutip dari India.com, air rebusan kulit batang pohon duwet menjaga kadar gula darah untuk membantu pengobatan penyakit diabetes.

Biasanya, kulit pohon duwet akan direbus hingga menghasilkan larutan. Setelahnya, larutan tersebut bisa langsung diminum.

Rebusan kulit pohon duwet juga bisa dibuat jadi obat kumur sebagai pencegah sariawan, bau mulut, dan menjaga kesehatan gigi. 

Ilustrasi buah duwet ketika masih berada di pohon, awalnya buah berwarna kehijauan saat belum matang dan akan berubah jadi merah tua ketika sudah matang.Shutterstock/Tasha Oxviara Yunantias Ilustrasi buah duwet ketika masih berada di pohon, awalnya buah berwarna kehijauan saat belum matang dan akan berubah jadi merah tua ketika sudah matang.

Berikut ini cara mengolah kulit pohon jamblang atau duwet seperti dikutip dari buku “Sehat Alami dengan Herbal: 250 Tanaman Herbal Berkhasiat Obat + 60 Resep Menu Kesehatan” (2014) karya Pusat Studi Biofarmaka LPPM IPB & Gagas Ulung terbitan PT. Gramedia Pustaka Utama.

Caranya, rebus kulit kayu jamblang secukupnya. Setelah dingin, gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur-kumur. Ulangi tiga sampai empat kali sehari.

Baca juga: Bagaimana Rasa Buah Duwet atau Jamblang yang Kian Langka?

Jika kulit pohon jamblang direbus bersamaan dengan daunnya, bisa juga menjadi obat diare dan penyakit pencernaan lainnya.

Kulit pohon jamblang ini biasanya sudah mudah ditemukan di marketplace online. Selain dijual dalam bentuk batangan kecil, ada juga yang menjualnya dalam bentuk bubuk.

Dikutip dari Guyana News Agency, segelas jus buah jamblang yang dicampur dengan setengah sendok teh bubuk kulit pohon jamblang bisa mengobati kelainan saluran kencing.

Baca juga: Cara Masak Buah Duwet atau Jamblang, Bisa Obati Beragam Penyakit

Sementara jika bubuk kulit pohon jamblang dicampur dengan air saja, cukup efektif mengobati infeksi akibat cacing pita.

Buku “Sehat Alami dengan Herbal: 250 Tanaman Herbal Berkhasiat Obat + 60 Resep Menu Kesehatan” (2014) karya Pusat Studi Biofarmaka LPPM IPB & Gagas Ulung terbitan PT. Gramedia Pustaka Utama bisa diperoleh di Gramedia.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com