Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali 4 Jenis Keju Bahan Pressure Test MasterChef, Asing di Indonesia

Kompas.com - 27/06/2021, 20:29 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

4. Fontina

Keju fontina merupakan keju yang terbuat dari susu sapi yang tidak dipasteurisasi alias masih mentah. Seperti dilansir The Spruce Eats, keju ini punya kandungan lemak sekitar 45 persen.

Warna kejunya kuning cerah, dengan lubang-lubang di permukaannya. Rasa keju ini tidak terlalu kuat dan agak seperti kacang-kacangan.

Jika diproduksi dari susu sapi yang dipasteurisasi, biasanya rasa keju yang dihasilkan akan jauh lebih lembut.

Baca juga: Hindari 5 Kesalahan Membuat Quiche, Bikin Putri MasterChef Masuk Pressure Test

Namun, intensitas rasanya tetap tergantung pada seberapa lama keju ini difermentasi. Biasanya proses fermentasi berlangsung sekitar 90-150 hari.

Keju fontina yang difermentasi tidak terlalu lama akan mudah meleleh, sehingga mudah diolah dalam berbagai sajian yang membutuhkan keju yang lembut dan meleleh.

Contohnya, fondue, cocolan keju, atau saus keju.

Keju ini juga cocok jika diolah jadi kaserol (mac and cheese), pizza, sandwich keju panggang, frittata, atau strata panggang.

Sementara keju fontina yang lebih tua, biasanya punya tekstur lebih keras. Keju jenis ini cocok untuk diparut di atas sup, pasta, risotto, atau pun salad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com