Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Pilih Sosis yang Bagus, Cek Aroma dan Warnanya

Kompas.com - 17/06/2021, 20:32 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Sosis merupakan salah satu frozen food yang mudah diolah. Kamu dapat  memasaknya untuk lauk makan atau camilan. 

Selain memperhatikan cara pengolahannya, memilih sosis juga harus jeli dan hati-hati. Jika tidak, kamu justru memilih sosis yang hampir basi atau mulai bau dan lembek. 

Berikut cara memilih sosis yang baik agar bisa disimpan lebih lama dan makin enak saat diolah.

Baca juga: 7 Jenis Sosis dari Berbagai Negara di Dunia, Ada Bratwurst

1. Cek tanggal kedaluwarsanya

Buku "SajianKu VOL. 3/I/2013 Serba-Serbi Tepat memilih & menyimpan Sosis Rahasia membuat Kaldu" oleh Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada membagikan tips memilih sosis yang dapat dijadikan sebagai panduan. 

Salah satu cara sederhananya yakni dengan memperhatikan tanggal kedaluwarsanya. Baik pada kaleng ataupun plastik pembungkusnya. 

Baca juga: Resep Mini Sausage Roll, Sosis Gulung Renyah ala Inggris

Hindari memilih dan membeli sosis yang mendekati tanggal kedaluwarsa. Terlebih jika kamu jarang memasak dan sosis akan disimpan lama. 

Ilustrasi sosis mentah homemadePIXABAY/ eKokki Ilustrasi sosis mentah homemade

2. Pilih sosis dengan tekstur daging lembut

Jika sosis tak dikemas, coba perhatikan tekstur dagingnya. Usahakan untuk memilih sosis dengan tekstur daging yang lembut dan tidak berurat karena biasanya lebih enak. 

Selain itu, pilih juga sosis yang bentuknya utuh dan tidak pecah.

Baca juga: Cara Simpan Frozen Food yang Baik, Jangan Kemas dalam Porsi Besar

Jika ada bagian yang pecah, berarti sosis tersebut tak mengandung daging alami di dalamnya. Atau, bisa jadi kandungan dagingnya sedikit.

3. Cek aroma dan warnanya

Sosis berkualitas dapat dilihat dari warna dan aromanya. Umumnya, sosis yang bagus memiliki aroma dan warna yang sesuai dengan daging olahannya.

Warna sosis berkulitas tidak akan luntur saat dimasak dan tidak lengket di tangan. Bau sosisnya pun cenderung segar dan tidak asam atau bacin.

Baca juga: Resep Sosis Goreng Saus Kari, Menu Sahur Anti Lama

Ilustrasi sosis homemadePIXABAY/ PUTIRU1 Ilustrasi sosis homemade

4. Perhatikan kulit sosisnya 

Dikutip dari laman Brightside, kulit sosis juga bisa menjadi penanda kualitasnya. Sosis yang bagus umumnya memiliki kulit yang sedikit kusut dan agak lembap. 

Jika kulitnya elastis, berarti sosis mengandung banyak air dan tepung yang tidak seharusnya ada.

Baca juga: Resep Mac And Cheese Lumer, Spesial Pakai Sosis

 

Jangan khawatir jika di kulit sosis terdapat jamur kering berwarna putih. Selama tak masuk di daging, hal tersebut tidak jadi masalah. 

Buku "SajianKu VOL. 3/I/2013 Serba-Serbi Tepat memilih & menyimpan Sosis Rahasia membuat Kaldu" oleh Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada dapat dibeli online di Gramedia.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com