Kompas.com - 16/06/2021, 11:13 WIB
Ilustrasi sosis bakar teflon untuk BBQ di rumah. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIOIlustrasi sosis bakar teflon untuk BBQ di rumah.

KOMPAS.com - Sosis merupakan makanan yang sering kali diolah dengan cara digoreng. Lalu dinikmati dengan sepiring nasi dan sambal.

Di dunia, ada banyak sekali jenis sosis dari berbagai negara. Jenis-jenis sosis tersebut memiliki tampilan, cara masak, dan bahan membuat yang berbeda-beda.

Walau ada banyak jenis sosis, tidak ada salahnya untuk mengetahui tujuh di antaranya. Berikut jenis sosis dari berbagai negara yang dilasir dari The Spruce Eats dan All Recipes.

Baca juga: Resep Mini Sausage Roll, Sosis Gulung Renyah ala Inggris

1. Bratwurst

Ilustrasi sosis bratwurst dari Jerman.DOK.SHUTTERSTOCK/NADEZHDA NESTEROVA Ilustrasi sosis bratwurst dari Jerman.

Jenis sosis yang pertama datang dari Jerman. Bratwurst cukup terkenal di Indonesia. Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di supermarket.

Sosis ini sudah ada sejak tahun 1313 dan sudah ada 40 jenis bratwurst khas Jerman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bratwurst berasal dari kata “brat” dalam bahasa Jerman kuno berarti daging cincang halus. Sementara, “wurst” berarti sosis.

Jenis sosis yang populer asal Jerman ini biasanya dimasak dengan cara dipanggang atau ditumis dengan berbagai bumbu seperti merica, ketumbar, dan jintan.

Baca juga: Resep Sosis Goreng Saus Kari, Menu Sahur Anti Lama

2. Frankfurter

Ilustrasi sosis Frankfurter. DOK.SHUTTERSTOCK/DMITRII IVANOV Ilustrasi sosis Frankfurter.

Frankfurter merupakan jenis sosis yang juga cukup populer di Indonesia. Biasanya, sosis frankfurter dijual mulai dari harga Rp 25.000 per 250 gramnya.

Jenis sosis yang satu ini juga berasal dari Jerman, asal dari sosis bratwurst. Bedanya, sosis frankfurter memiliki tekstur yang lebih lembut.

Sosis frankfurter tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari yang mini hingga yang jumbo. Ukuran sosis frankfurter yang jumbo biasanya disajikan sebagai isian hotdog.

Baca juga: Resep Sosis Bakar Untuk Jualan, Bisa Pakai Teflon

3. Breakfast sausage

Breakfast sausage cukup terkenal di Amerika Serikat, disajikan untuk menu sarapan yang praktis.

Di sana, jenis sosis ini tidak hanya disajikan memanjang seperti sosis pada umumnya. Namun juga dibentuk pipih seperti daging giling isian burger.

Biasanya, breakfast sausage disajikan dengan sirup maple dan bacon yang sudah diawetkan sebagai pelengkap.

Baca juga: Resep Sop Sosis Tomat, Menu Sahur Praktis Bahan Sederhana

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X