Kompas.com - 31/05/2021, 19:08 WIB
Ilustrasi brokoli panggang dengan keju dan taburan cabai kering Shutterstock/RavskyIlustrasi brokoli panggang dengan keju dan taburan cabai kering

KOMPAS.com – Walaupun lebih populer diolah dengan cara ditumis, direbus, atau dikukus ternyata brokoli juga sangat bisa dipanggang dalam oven.

“Bisa saja kalau baked broccoli gitu. tinggal dikasih saus-saus yang cocok. Apakah saus cheese atau krim,” kata Chef Ragil Imam Wibowo ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (27/5/2021).

Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu memanaskan oven dengan suhu sekitar 150 – 170 derajat celsius.

Lalu panggang brokoli selama 10-15 menit, hingga bahan lainnya yang juga dipanggang bersama brokoli serta saus atau keju yang digunakan mencair.

Baca juga: Berapa Lama Masak Brokoli Pakai Microwave agar Matang Sempurna?

“Otomatis lebih lama. Karena dia kan ada bahan lainnya, kita butuh untuk mematangkan bahan lain. Kalau brokolinya saja sih cepat. Tapi dia kan ada saus, ada keju, dan lain-lain. jadi buat masak ingredients lain bukan hanya si brokoli saja,” jelas Ragil.

Cara memanggang brokoli agar empuk

Ilustrasi brokoli panggangShutterstock/julie deshaies Ilustrasi brokoli panggang

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alternatif lain, jika kamu hanya memanggang brokolinya saja dan mencari brokoli yang memiliki karamelisasi di bagian luar dan empuk di bagian dalam, kamu juga bisa mengikuti tips berikut seperti dilansir dari Serious Eats.

Pertama, potong-potong bagian kepala brokoli dengan ukuran sekitar empat hingga lima sentimeter.

Kemudian balur brokoli dengan minyak zaitun, garam, dan lada.

Lalu panggang dengan suhu sangat tinggi, yakni sekitar 260 derajat celsius di atas alas panggang yang sudah dipanaskan sebelumnya. Panggang selama sekitar 20 menit.

Halaman:


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X