Kehangatan Gudeg Jogja di Gondangdia Jakarta

Kompas.com - 28/05/2021, 10:02 WIB
Sepiring Gudeg Jogja Bu Tinah di Gondangdia, Jakarta Pusat. Dok. Kevindra SoemantriSepiring Gudeg Jogja Bu Tinah di Gondangdia, Jakarta Pusat.

Oleh: Kevindra Soemantri

Ada sensasi yang tidak bisa dirasakan di tempat lain ketika memasuki jalan kecil menuju tempat Gudeg Bu Tinah berada. 

Riuh manusia keluar masuk stasiun kereta, suara bising motor dan bajaj yang saling beradu muka, gemuruh kereta yang bergerak tepat di atas kepala. Sungguh cuplikan sudut Ibu Kota yang tak kenal diam.

Warung makan Gudeg Bu Tinah ada di tengah-tengah situasi tersebut dihimpit oleh beberapa warung makan lainnya yang sama-sama punya satu tujuan: Menjadi bandul kewarasan manusia yang penuh rasa lapar.

Ini bukan yang pertama kali saya mendatangi Gudeg Bu Tinah.

Ini mungkin sudah yang ke beberapa puluh kalinya, termasuk sarapan hari Minggu pagi saat kecil bersama dengan kakek dan nenek di rumah mereka di bilangan Menteng.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bu Tinah adalah salah satu dari jutaan orang dari berbagai penjuru Indonesia yang pada masa setelah kemerdekaan berbondong-bondong masuk ke Jakarta untuk mencari nafkah.

Waktu itu pada 1960-an, ketika usianya masih belia Bu Tinah pun sudah membantu bibi berjualan gudeg di Pasar Boplo yang masih basah dan sederhana apa adanya.

Singkat cerita, Bu Tinah meneruskan usaha gudeg tersebut, berjualan di tempat yang sama selama puluhan tahun setelahnya.

Pada 1990-an Gudeg Bu Tinah pindah lokasi ke bawah stasiun kereta Gondangdia dan pada 2010-an dipindah ke lokasinya yang sekarang.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.