Kompas.com - 31/05/2021, 11:38 WIB
Tumis brokoli baby potato saus keju. KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZESTumis brokoli baby potato saus keju.

KOMPAS.com – Brokoli bisa diolah dengan beragam cara. Salah satu cara yang paling sederhana sekaligus bisa memberikan rasa enak pada brokoli adalah dengan cara menumisnya.

“Ditumis sudah paling gampang. Pakai bawang merah, bawang putih, tambah cabai, tumis-tumis saja kasih garam juga sudah jadi,” kata Chef Ragil Imam Wibowo ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (27/5/2021).

Jika ingin rasa tumis brokoli dengan rasa yang lebih oriental, kamu bisa menambahkan irisan jamur dan saus tiram juga agar rasanya lebih sedap.

Baca juga: Cara Masak Brokoli Paling Baik untuk Pertahankan Nutrisi

Cara menumis brokoli

Seperti dilansir dari The Kitchn, kamu hanya perlu mempersiapkan wajan dan sedikit minyak. Lalu panaskan dengan panas tinggi hingga sedang.

Jika sudah panas, masukkan bagian kepala brokoli yang sudah bersih dan dipotong-potong disertai dengan sejumput garam. Aduk-aduk sebentar.

Selain hanya dibumbui garam, kamu juga bisa berkreasi sesuai selera.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian tambahkan bagian batangnya yang sudah diiris tipis sekitar satu menit kemudian. Terus tumis brokoli sambil sesekali diaduk. Jika brokoli sudah terlihat matang, angkat dan matikan api.

Ilustrasi menumis brokoliShutterstock/Niradj Ilustrasi menumis brokoli

Brokoli yang ditumis relatif cepat matang. Jika brokoli yang masih mentah langsung ditumis, maka bisa matang dalam waktu sekitar lima hingga delapan menit.

Pastikan potongan brokoli sudah cukup kecil agar semakin cepat matang.

Baca juga: Bagaimana Cara Tahu Brokoli Sudah Matang?

Brokoli yang sudah menunjukkan perubahan warna jadi hijau yang lebih cerah, itu artinya sudah cukup matang.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X