Kompas.com - 03/01/2021, 08:12 WIB
Ilustrasi brokoli MizinaIlustrasi brokoli

KOMPAS.com – Brokoli yang mempunyai nama latin Brassica oleracea adalah jenis sayuran anggota dari keluarga kubis.

Brokoli mempunyai beberapa varietas, yang paling umum adalah brokoli Calabrese, dengan kepala berbunga besar dan tangkai yang kokoh dan kasar.

Brokoli calabrese inilah jenis yang paling umum kita ketahui. Ada pula varietas brokoli dengan warna ungu, namun di Indonesia jarang ditemui.

Baca juga: Cara Simpan Rambutan, Lebih Baik Masuk Kulkas atau Tidak?

Melansir All Recipes, brokoli merupakan tanaman cuaca dingin.

Brokoli di Indonesia, banyak ditanam di daerah dataran tinggi seperti Bukittingi (Sumatera Barat), Lembang (Jawa Barat), dan Brastagi (Sumatera Utara).

Tanaman brokoli di Indonesia banyak ditanam saat awal musim hujan atau awal musim kemarau, melansir dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura .

Namun demikian, brokoli tetap bisa ditanam sepanjang tahun dengan pemeliharaan yang intensif.

Saat masa panen brokoli, di pasaran tentu akan banyak dijual sayuran hijau satu ini. Melihat banyaknya sayuran brokoli membuat kita ingin membelinya.

Baca juga: Cara Simpan Tomat di Kulkas agar Tidak Mudah Busuk

Nah, biar tidak salah pilih brokoli, sebaiknya ketahui dulu cara pilih brokoli segar dan berkualitas bagus.

Jadi kamu akan mendapatkan manfaat dari brokoli dengan maksimal. Berikut ini cara pilih brokoli segar dirangkum dari The Spruce Eats.

Mengukur porsi makananbisa menggunakan tangan kitaFogStock/Vico Images/Tamara Lischka Mengukur porsi makananbisa menggunakan tangan kita

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X