Kompas.com - 28/05/2021, 11:08 WIB
Ilustrasi proses membakar ayam di atas bara api. SHUTTERSTOCK/ RIDZKYSETIAJIIlustrasi proses membakar ayam di atas bara api.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Kunci kelezatan ayam bakar ialah pada bumbunya yang meresap sempurna. Tak sulit membuat ayam bakar enak dan bumbunya meresap.

Selain memerhatikan penggunaan bahan, proses memasak ayam bakar pun memengaruhi rasanya. Khususnya pada ayam bakar yang dimasak dengan bumbu sederhana. 

Baca juga: Resep Ayam Bakar Mentega, Bumbu Sederhana dan Ayam Pasti Matang

Sebagai panduan, berikut cara membuat ayam bakar agar bumbunya meresap sempurna melansir dari "Kreasi Ayam Bakar dan Sambalnya" karya Redaksi Sajisedap terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Cara sederhana ini, pun dapat membuat daging ayam menjadi empuk dan tidak kering.

1. Pilih ayam yang segar

Ayam negeri atau ayam kampung bisa dibuat ayam bakar. Namun masing-masing jenis ayam memiliki teknik pengolahan yang berbeda. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika menggunakan ayam kampung, pilihlah yang muda supaya ayam bakar cepat matang. Apalagi jika kamu membakar ayam tanpa diungkep terlebih dulu. 

Baca juga: Cara Pilih Daging Ayam Segar, Lihat dari 3 Hal Ini...

Sementara, jika memakai ayam negeri, gunakanlah yang muda tapi tidak terlalu gemuk.

Alternatif mudahnya, belilah satu ekor ayam dengan berat sekitar 600-700 gram. Ayam dengan berat tersebut sangat ideal untuk diolah menjadi ayam bakar. 

Ilustrasi ayam mentah bagian paha.PIXABAY/ RitaE Ilustrasi ayam mentah bagian paha.

2. Gunakan bagian ayam yang tepat

Tak semua bagian ayam bisa diolah menjadi ayam bakar, misalnya bagian punggung. Sebab, bagian ini memiliki sedikit daging, sehingga saat dibakar dagingnya menjadi keras.

Untuk membuat ayam bakar, silakan gunakan bagian dada yang masih menempel dengan sayap. Selain itu, dapat pula memakai paha atas dan paha bawah. 

Baca juga: Cara Potong Ayam Utuh Jadi 8 Bagian, Siap Jadikan Ayam Goreng Krispi

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.