Cara Pilih Daging Ayam Segar, Lihat dari 3 Hal Ini...

Kompas.com - 07/08/2020, 09:11 WIB
Sutami, penjual daging ayam di Pasar Legi Jombang Jawa Timur, saat melayani pembeli ayam di lapak miliknya, Jumat (20/12/2019). KOMPAS.COM/MOH. SYAFIÍSutami, penjual daging ayam di Pasar Legi Jombang Jawa Timur, saat melayani pembeli ayam di lapak miliknya, Jumat (20/12/2019).

KOMPAS.com – Apakah kamu sering menyajikan masakan berbahan dasar ayam? Memilih bahan yang segar sebelum memasak, tentu hal yang penting dilakukan termasuk ketika kamu ingin memasak ayam.

Baca juga: Kenapa Daging Ayam Tidak Boleh Dimakan Mentah?

Lalu bagaimana ciri-ciri dan cara memilih ayam yang segar?

Agar lebih paham, berikut ini tips memilih daging ayam segar oleh Executive Chef Grand Whiz Poins Simatupang Jakarta, Hamdan, yang dikutip dari Kompas.com.

1. Warna daging merah muda

Ayam potong yang masih segar dapat diketahui dari warnanya. Pilih daging ayam yang masih berwarna merah muda atau agak kemerah-merahan.

Daging yang berwarna agak kemerahan menandakan ayam baru dipotong, sedangkan daging yang berwarna pucat, artinya sudah dipotong sehari atau dua hari sebelumnya.

2. Tekstur elastis

Tekstur daging yang elastis adalah tanda bahwa daging ayam masih segar.

Cara memastikan daging ayam segar dari teksturnya, kamu bisa mengujinya dengan menekan daging ayam.

Jika daging ayam ditekan, kemudian kembali ke keadaan semula atau tidak meniggalkan bekas, tandanya daging ayam masih segar.

Sementara jika daging ditekan dan meninggalkan bekas tekanan, tandanya daging sudah tidak segar.

Tekstur daging ayam yang lembek dan berlendir itu menandakan bahwa daging ayam sudah rusak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X