Kompas.com - 11/05/2021, 13:36 WIB
Menu opor ayam memang lezat, namun menggunakan santan dalam jumlah banyak sehingga tinggi kandungan lemak. SHUTTERSTOCK/ Ketut MahendriMenu opor ayam memang lezat, namun menggunakan santan dalam jumlah banyak sehingga tinggi kandungan lemak.

KOMPAS.com – Opor ayam adalah makanan Lebaran yang riskan basi karena kandungan kuah santannya. 

Banyak orang memilih membuat opor ayam dekat Hari Lebaran agar tidak mudah basi, tetapi opor kadang tidak habis, 

Corporate Chef Parador Hotels & Resorts Gatot Susanto memberikan beberapa tips untuk menyimpan opor ayam agar tidak mudah basi.

"Kalau mau menyimpan makanan bersantan itu didinginkan dulu sampai dingin banget, jangan sampai kesentuh tangan, lalu simpan dalam plastik," kata Gatot dikutip dari berita Kompas.com.

Berikut cara simpan dan hangatkan opor ayam agar tidak mudah basi:

Baca juga: Resep Opor Ayam Bumbu Putih buat Sajian Spesial Lebaran

1. Pisahkan ayam dengan kuah opor

Sebaiknya pisahkan juga ayam dengan kuah opor. Simpan keduanya dalam wadah yang berbeda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemisahan kuah opor dan ayam ini bertujuan agar keduanya bisa matang merata ketika nanti dihangatkan.

Jika disimpan dalam wadah yang sama, ada potensi ayam belum akan matang merata ketika dipanaskan nanti. Sementara santan dalam kuahnya sudah lebih dulu meleleh dan matang.

2. Simpan di kulkas atau freezer

Simpan opor ayam di dalam kulkas bagian chiller. Opor ayam bisa awet selama sekitar tiga hari, dengan catatan tutup kulkas tidak sering dibuka tutup agar suhu di dalamnya stabil.

Baca juga: Resep Rendang Sapi ala Restoran Padang Terkenal

Jika ingin opor ayam awet lebih dari tiga hari, kamu bisa menyimpannya di bagian freezer. Opor ayam bisa bertahan jauh lebih lama.

Ilustrasi Opor ayamAmalliaEka Ilustrasi Opor ayam

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X