Kompas.com - 09/05/2021, 14:13 WIB
ilustrasi salad milik Serasa Salad Bar. Dok. Tokopediailustrasi salad milik Serasa Salad Bar.

 

KOMPAS.com - Serasa Salad Bar adalah sebuah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berfokus pada makanan sehat.

Pada April 2015, pemilik usaha Serasa Salad Bar Fitriani Rahmah mendirikan bisnis makanan sehat miliknya pertama kali di Bandung, Jawa Barat.

Mulanya, Fitriani mengaku sangat senang mengonsumsi salad. Namun, Fitriani bersama adiknya kemudian menyadari bahwa belum banyak produk dari sayuran yang dibuat jadi sebuah hidangan yang menyenangkan.

Baca juga: Resep Salad Sayur ala Jepang, Pakai Saus Bawang

"Tapi kita perhatiin kok kayaknya masih ada yang belum ada serius atau bahkan sekeliling kita belum terlihat bahwa makan sayur itu bisa kita nikmati sebagai makanan sehari-hari," ujar Fitriani dalam acara Virtual Ngabuburit Tokopedia.

Serasa Salad Bar memiliki visi untuk mengubah mindset banyak orang bahwa makan sayur bisa menyenangkan dan dapat dijadikan sebagai makanan utama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Cara Simpan Salad Sayur yang Benar, Pisahkan dari Sausnya

Fitriyani Rahmah pemilik Serasa Salad Bar.Dok. Tokopedia Fitriyani Rahmah pemilik Serasa Salad Bar.

Bekerja sama dengan petani lokal

Sejak berdiri pada 2015 Serasa Salad Bar bekerja sama dengan petani dan artisan lokal.

Fitriani sadar bahwa menggaet petani dan artisan lokal adalah cara ampuh yang bisa dilakukan untuk menggerakan mindset banyak orang agar bisa lebih melihat value dari Serasa Salad Bar.

"Konsep from farm to table tuh langsung kita angkat. Kita pengen konsumen kita tau darimana sih sebenernya satu mangkuk makanan warna warni campuran karbohidrat dan protein tuh berasal," kata Fitriani pada Jumat (7/5/2021).

Baca juga: Resep Salad Buah Tanpa Yoghurt, Ganti dengan Saus Kurma

Menurut riset yang disampaikan oleh Fitriani, 80 persen masyarakat Indonesia diketahui kurang mengonsumsi sayuran.

Fitriani menyampaikan ada banyak trik mengonsumsi sayuran secara menyenangkan, salah satunya dengan mengolah sayuran jadi salad.

Sebagai pengusaha makanan sehat Fitriyani berpendapat bahwa membuat salad tidak sama dengan mengolah makanan lainnya.

Salad dapat dikreasikan dengan sayuran apapun yang tersedia di kulkas. Namun, perlu diperhatikan bahwa ada key poin salad yang terletak pada rasa sehingga bisa membuat salad jadi lebih enak.

Karena itu, Serasa Salad Bar menciptakan homemade dressing.

Baca juga: Resep Salad Kentang Makaroni, Sarapan Sehat yang Praktis

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X