Kompas.com - 08/05/2021, 20:36 WIB
Ilustrasi kuliner khas Lebaran Shutterstock/Ika Rahma HIlustrasi kuliner khas Lebaran

KOMPAS.com – Indonesia terkenal memiliki beragam tradisi dan budaya berbeda di setiap daerahnya, salah satunya berbagi makanan atau bingkisan.

Tradisi berbagi makanan atau bingkisan menjelang hari raya bisa ditemukan di hampir setiap wilayah di Indonesia. Tak terkecuali saat Lebaran tiba.

Menurut Travelling Chef Wira Hardiansyah, tradisi ini tak hanya dilakukan antar masyarakat sesama Muslim saja saat Lebaran, sesama Kong Hu Cu saja saat Imlek, atau sesama Kristen saja saat Natal.

Baca juga: Tradisi Rantangan Lebaran Betawi: Dulu Makanan, sekarang Sembako dan Uang

Ilustrasi rantangShutterstock/Rubiyanton Ilustrasi rantang

“Uniknya di Nusantara, apabila dalam pemukiman tersebut terdiri dari berbagai kepercayaan dan suku, masing-masing rumah akan memasak hidangan khas dari daerahnya,” kata Wira pada Kompas.com, Kamis (7/5/2021).

Mereka akan membuat makanan sesuai dengan adat dan budaya masing-masing.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelahnya, baru mereka akan saling bertukar makanan sehingga masing-masing rumah akan memiliki hidangan yang beragam.

Baca juga: 12 Makanan Ramadhan dari Berbagai Negara, Disantap Saat Buka Puasa

Tradisi munjung di Jawa Barat

Ilustrasi sajian dalam rantanganShutterstock/Ika Rahma H Ilustrasi sajian dalam rantangan

Tradisi berbagi makanan salah satunya bisa ditemukan di Jawa Barat. Di sana ada tradisi bernama Munjung yang berasal dari kata ‘kunjung’.

Biasanya, Munjung dilakukan mendekati Lebaran di mana adik atau anak mengunjungi kakak atau orang tua. Mereka membawa rantang sebagai wadah nasi dan lauk untuk ‘dipunjung’.

Selain Munjung, ada pula tradisi bernama Nganteuran atau tukar rantang. Tradisi ini biasa dilakukan turun temurun.

“Di dalam rantang, ada nasi, bakakak (ayam panggang) udud (rokok), gula, kopi, dan ragam buah-buahan. Hantaran tersebut juga biasanya dibalas oleh lauk-pauk juga dengan selipan amplop berisi uang,” jelas Wira.

Baca juga: Mengenal Budaya Kuliner Betawi, dari Istilah Penting sampai Sajian Lebaran

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X