Kompas.com - 07/05/2021, 12:08 WIB
Ilustrasi kacang tanah. FREEPIK/STOCKKINGIlustrasi kacang tanah.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Olahan kacang kacang untuk Lebaran sangatlah beragam. Selain kue kering, kacang tanah pun bisa digunakan untuk membuat rempeyek ataupun ampyang.  

Baiknya gunakan kacang tanah berkualitas agar hidangannya lebih lezat. Tak mudah memilih mana kacang tanah yang bagus atau tidak. 

Namun tak perlu khawatir, sebab ada cara sederhana memilih kacang tanah yang bisa kamu praktikkan. Berikut uraian singkatnya.  

Baca juga: Resep Kacang Bawang Daun Jeruk untuk Sajian Lebaran

1. Pilih yang bijinya utuh 

Jika membeli kacang tanah kupas, baiknya pilih yang bijinya utuh. Jangan pilih yang mulai berlubang, karena ini merupaka tanda bahwa kacang tanah sudah lama disimpan. 

 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Jangan pilih yang berbubuk 

Ilustrasi kacang tanah kupas. PIXABAY/ FORWUMUWI73 Ilustrasi kacang tanah kupas.
 

Sufi S.Yahyono dalam bukunya yang berjudul "Snack Renyah Serba Kriuk" terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, tak menyarankan memilih kacang tanah yang berkutu dan berbubuk. 

Dua hal tersebut merupakan tanda bahwa kacang tanah sudah lama disimpan. Konon, bubuk ini pun dapat membuat rasa olahannya kurang sedap dan mudah berbau tengik. 

Baca juga: Resep Kacang Bawang Renyah, Tambah Santan biar Gurih

3. Pilih yang segar

Cara memilih kacang tanah pun bisa dilakukan dengan mengamati permukaannya. Pilihlah kacang tanah segar yang permukannya tidak kering dan kisut. 

Selain itu, coba cium juga aromanya. Baiknya, memilih kacang tanah yang mulai bau tengik, terlebih jika kamu ingin menyimpannya lebih lama. 

Baca juga: 5 Cara Goreng Kacang Bawang agar Renyah dan Tidak Gosong

4. Cara memilih kacang tanah yang belum dikupas

Ilustrasi kacang tanahGizelka Ilustrasi kacang tanah

 

Kacang tanah yang belum dikupas biasanya sudah disangrai atau dipanggang terlebih dulu. Meski begitu, kamu tetap harus jeli saat memilihnya. 

Dilansir dari Fine Cooking, untuk memilih kacang tanah kamu bisa mengamati kulitnya. Ciri kacang tanah yang bagus ialah yang berwarna cerah, utuh, dan mulus kulit arinya. 

Baca juga: 5 Cara Bumbui Kacang Bawang supaya Gurih dan Harum

Selain itu kamu juga bisa mengecek kualitas kacang tanah dengan mencium baunya. Jangan pilih kacang tanah yang sudah bau tengik apalagi berjamur. 

Alternatif paling sederhana, yakni membeli kacang tanah kering yang dibungkus di kemasan. Belilah secukupnya supaya tak mudah basi saat disimpan kembali. 

Buku "Snack Renyah Serba Kriuk" karya Sufi Sy, Sufi S.Yahyono terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli secara online di Gramedia.com

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X