Kompas.com - 07/05/2021, 11:07 WIB
Ilustrasi kacang bawang. PIXABAY/ FORMIWUWI73Ilustrasi kacang bawang.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Kacang bawang kerap disajikan saat Lebaran. Camilan ini menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah. 

Untuk menambah kenikmatnya, kacang bawang biasa disajikan dengan tambahan daun aromatik. Tujuannya agar kacang bawang lebih harum dan sedap. 

Berikut tips membuat kacang bawang gurih dan wangi mengutip dari buku "Resep Favorit untuk Usaha - Camilan Kacang" oleh Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Baca juga: 5 Cara Goreng Kacang Bawang agar Renyah dan Tidak Gosong

1. Rendam dalam santan

Ilustrasi santan kelapa.Dok. Shutterstock/Maharani afifah Ilustrasi santan kelapa.

Salah satu tips membuat kacang bawang gurih ialah dengan menambahkan santan ke dalam bahannya. Santan yang digunakan bisa santan dari kelapa asli ataupun santan instan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk penggunannya, cukup rendam kacang tanah yang sudah dikupas ke dalam santan gurih selama satu jam. Jika tak ada santan, rendam dalam air panas pun boleh saja. 

Baca juga: Resep Kacang Bawang Renyah, Tambah Santan biar Gurih

Proses perendaman ini dapat membuat kacang bawang lebih gurih, renyah, dan empuk. 

2. Beri bumbu halus 

Kacang bawang harus diberi bumbu supaya lebih gurih dan sedap. Bumbu untuk membuat kacang bawang cukup sederhana, hanya bawang putih dan garam. 

Untuk membumbuinya, cukup campur semua bumbu halus ke dalam kacang tanah yang sudah direndam. Aduk hingga rata supaya bumbunya tercampur.

Baca juga: Cara Sangrai Kacang Tanah biar Tidak Gosong, Bekal Bikin Kue Kering Lebaran

Jangan buru-buru digoreng, diamkan dulu sebentar agar bumbunya merasuk. Setelah beberapa saat, goreng kacang di minyak panas yang masih baru. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X