Kompas.com - 05/05/2021, 19:07 WIB
Ilustrasi kapulaga jawa. DOK.SHUTTERSTOCK/JAKA SURYANTAIlustrasi kapulaga jawa.

KOMPAS.com - Saat akan membuat masakan lebaran seperti gulai, opor, atau kari, kapulaga sering kali digunakan sebagai bumbu masakan untuk menambah rasa dan aroma masakan.

Kapulaga merupakan salah satu jenis rempah yang bisa memberikan cita rasa masakan yang kuat. 

Mengetahui lebih jauh mengenai kapulaga, rempah yang digunakan sebagai bumbu masakan berkuah yang lezat dalam penjelasan berikut ini.

Baca juga: Pentingnya Bumbu Rempah untuk Rebus Daging dan Ayam

Apa itu kapulaga

Kapulaga Jawa.DOK.SHUTTERSTOCK/YOHANES_SETIYANTO Kapulaga Jawa.

Dikutip dari buku “Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia” (2013) oleh Murdijati-Gardjito terbitan PT Gramedia Pustaka Utama menjelaskan bahwa kapulaga merupakan tanaman herbal yang tumbuh berumbi akar.

Tanaman ini menghasilkan buah berbentuk bulat telur, berbulu, berwarna kuning kelabu, dan dalam sebuah tandan kecil dan pendek.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kalau sudah matang atau tua, buah dari tanaman kapulaga akan pecah. Di dalam buahnya, terdapat biji yang mana digunakan sebagai penyedap masakan dengan aroma sedap.

Baca juga: Apa Itu Kemiri? Rempah untuk Bumbu Dasar Putih

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X