Kompas.com - 22/04/2021, 03:06 WIB
Ilustrasi sagu keju tanpa santan SHUTTERSTOCK/YEBEMOTOIlustrasi sagu keju tanpa santan


KOMPAS.com – Kue sagu keju merupakan salah satu jenis kue kering klasik yang mudah kamu temukan.

Kue kering ini punya rasa gurih dari santan dan juga keju yang harum. Teksturnya renyah tetapi lumer di mulut.

Ada beberapa tips untuk membuat kue sagu keju anti gagal. Owner Enaz Cookies Eny Kurniawati membagikan tips berikut dari pengalamannya berbisnis kue kering sejak tahun 2015.

Baca juga: Resep Sagu Keju Lumer di Mulut, Kue Kering Klasik untuk Jualan

1. Tambah takaran santan

“Untuk sagu keju saya dulu juga pernah kalau di-spuit itu susah. Habis dipanggang rapuh banget,” kata Eny ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (20/4/2021).

Dari beberapa resep yang pernah dicoba Eny, ternyata hasil adonannya terlalu padat dan susah dicetak dengan spuit. 

Kemudian ketika sudah selesai dipanggang kuenya akan sangat rapuh, mudah hancur bahkan jika hanya diambil oleh tangan.

Baca juga: Tips Mulai Usaha Kue Kering, Tak Perlu Modal Besar

Akhirnya salah satu teman Eny yang juga bergerak di bidang kue kering menyarankannya untuk menambahkan takaran santan jadi dua kali lipat.

Misalnya, resep yang kamu gunakan menuliskan penggunaan satu kemasan kecil santan instan. Kamu bisa menambahkan satu lagi kemasan kecil santan instan.

Ilustrasi santan kental. SHUTTERSTOCK/ALGUS Ilustrasi santan kental.

Jadi kamu akan menggunakan dua kemasan kecil santan instan. Gunakan santan instan yang kental, tak perlu ditambah air lagi.

“Itu malah jadi enak. Dia lebih gurih juga karena santan kan nambah gurih. Pas matangnya dia lebih kokoh,” imbuh Eny.

Baca juga: 10 Tips Membuat Nastar dan Kue Kering Lain Pakai Oven Anti Gagal

2. Panggang suhu rendah

Suhu memanggang kue sagu keju, Eny sarankan menggunakan suhu rendah. Ia sendiri menggunakan suhu pemanggangan sekitar 130 derajat Celsius selama 35 menit.

“Karena dia lebih tipis adonannya. Bentuknya agak tipis dan bunga-bunga gitu kan. Jadi dia suhu kecil saja, kalau suhu besar langsung gosong,” tegas Eny.

Baca juga: Rekomendasi Suhu Panggang Kue Kering agar Kue Matang Anti Gagal

Dengan begitu kue sagu keju milikmu akan punya bentuk yang kokoh, tidak gampang hancur, tetapi tetap lumer di mulut. Kue pun akan aman jika ingin dikirimkan ke luar kota.

Cukup kemas kue sagu keju dalam toples bentuk bulat. Lalu tata sedemikian rupa. Pastikan benar-benar rapat satu sama lain agar tidak ada saling bergesekan dan akhirnya hancur.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X