Kompas.com - 21/04/2021, 13:06 WIB
Ilustrasi nastar, kue khas Lebaran di Indonesia. Nastar berisi selai nanas. SHUTTERSTOCK/ARIS SETYAIlustrasi nastar, kue khas Lebaran di Indonesia. Nastar berisi selai nanas.

KOMPAS.com - Proses mengaduk atau mencampur adonan nastar dan kue kering lain yang tidak sempurna bisa membuat hasilnya gagal.

Walaupun terlihat simpel, terdapat sejumlah komponen yang harus diperhatikan ketika pengadukan adonan kue kering termasuk nastar.

Kamu dapat mengikuti sejumlah tips membuat nastar dari Head Pastry Chef of Beau Bakery Arief Maulana Ikhsan kepada Kompas.com, Selasa (13/4/2021)

Baca juga: Jangan Pakai Terlalu Banyak Telur, Bikin Nastar Cepat Hancur

Dari segi rasa, mentega dinilai lebih unggul daripada margarin, terutama untuk membuat kue.PIXABAY/MOIRANAZZARI Dari segi rasa, mentega dinilai lebih unggul daripada margarin, terutama untuk membuat kue.

Gula dan mentega bersuhu ruang

Pastikan gula dan mentega atau margarin telah diaduk hingga benar-benar larut sempurna. Jangan ada gumpalan di dalam adonan.

Arief menyampaikan bahwa adonan nastar dapat menggumpal apabila suhu telur dan mentega tidak sama.

Kalau mentega bersuhu ruang sedangkan telur dingin, mentega bisa saja kembali ke suhu dingin saat diaduk. Hal tersebut dapat menghambat pencampuran adonan.

Biarkan dulu mentega melembut di suhu ruang dan keluarkan telur dari kulkas beberapa saat sebelum dicampur dalam adonan.

Baca juga: Telur Dingin Baru Keluar Kulkas Bikin Kue Kering Gagal, Apa Benar?

Sesudah didinginkan, adonan kue kering bisa dicetakUnsplash/Kari Shea Sesudah didinginkan, adonan kue kering bisa dicetak

Jangan kocok adonan nastar terlalu lama

Di sisi lain, Arief berkata bahwa sebenarnya penggunaan telur suhu dingin dalam adonan kue kering masih tak terlalu berdampak signifikan.

Pasalnya, kue kering tidak memerlukan metode pengocokan yang benar-benar lama untuk membuat adonan mengembang. Adonan kue kering tak perlu mengembang.

Namun, risiko menggunakan bahan dengan suhu dingin akan membuat pencampuran adonan jadi lebih lama.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X