Kompas.com - 14/04/2021, 10:07 WIB
Es Selasih Nata de coco  dari Grand Whiz Poins Simatupang Jakarta dok. Grand Whiz Poins Simatupang JakartaEs Selasih Nata de coco dari Grand Whiz Poins Simatupang Jakarta


KOMPAS.com – Jika kamu memiliki tanaman selasih sendiri di rumah, kamu bisa memanfaatkan beberapa bagian tanaman tersebut.

Salah satunya adalah bijinya untuk dijadikan campuran minuman segar sebagai persiapan buka puasa.

Biji selasih merupakan biji yang berasal dari tanaman selasih.

Biji berwarna hitam ini jika direndam dalam air selama beberapa menit akan mengembang dan membentuk lapisan putih di sekeliling bijinya.

Baca juga: Apa Itu Biji Selasih? Berasal dari Tanaman yang Mirip Kemangi

Biji yang sudah mengembang itu dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan, di antaranya  untuk kesehatan pencernaan, mencegah panas dalam, menurunkan kolesterol, dan masih banyak lagi.

Jika kamu memiliki tanaman tersebut di rumah, maka kamu bisa memproduksi sendiri biji selasih untuk dikonsumi atau bahkan untuk dijual kembali.

Ilustrasi tanaman selasih, tepatnya bagian bijinya yang jika dipanen bisa jadi biji selasih untuk campuran minumanPixabay/pisauikan Ilustrasi tanaman selasih, tepatnya bagian bijinya yang jika dipanen bisa jadi biji selasih untuk campuran minuman

Seperti tertera dalam buku “Untung Berlipat dari Budi Daya Kemangi dan Selasih – Tanaman Multimanfaat” (2016) karya H. Rahmat Rukmana dan H. Herdi Yudirachman terbitan Lily Publisher, tanaman selasih bisa dipanen beberapa kali dalam setahun.

Panen pertama biasanya dilakukan pada umur tiga sampai empat bulan setelah tanam, yaitu dengan cara memangkas daun dan bunga.

Baca juga: Cara Keringkan Kulit Jeruk untuk Makanan atau Minuman

Panen kedua dilakukan pada umur enam sampai delapan bulan. Sementara panen ketiga sekitar tiga sampai empat bulan setelahnya.

Selain bijinya, tanaman selasih juga umum diambil daunnya. Daunnya ini disebut sebagai basil dalam Vahasa Inggris dan sering dijadikan campuran masakan.

Halaman:


Sumber iPusnas
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X