Kompas.com - 13/04/2021, 20:07 WIB
Penderita diabetes terkontrol masih bisa mengonsumsi kurma saat berbuka puasa. FREEPIK/8PHOTOPenderita diabetes terkontrol masih bisa mengonsumsi kurma saat berbuka puasa.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Kurma ajwa adalah salah satu kurma premium yang mahal harganya. Biasanya kurma dijadikan sebagai bingkisan dan dibungkus dengan kemasan yang mewah. 

Kurma ajwa menjadi primadona karena rasanya yang unik dan bermanfaat bagi kesehatan. 

Berikut Kompas.com rangkum perbedaan kurma ajwa dan kurma lainnya. Bisa jadi pertimbangan saat membeli kurma.  

Baca juga: Resep Cake Pandan Kurma Panggang, Hasilnya Empuk dan Lembut

1. Bentuk dan ukuran 

Berbuka dengan kurma merupakan sunah Nabi Muhammad SAW. Tapi di samping itu, kurma juga memiliki banyak manfaat kesehatan.UNSPLASH/MONA MOK Berbuka dengan kurma merupakan sunah Nabi Muhammad SAW. Tapi di samping itu, kurma juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Dilansir dari buku "Kurma dari Gurun ke Tropis" oleh Desi Sayyidati Rahimah terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, kurma ajwa berbentuk bulat tetapi ukurannya agak kecil.

Bahkan jika dibandingkan dengan jenis kurma lainnya, seperti kurma khalas atau kurma sukarai, ukuran kurma ajwa ialah yang terkecil. 

Untuk warnanya sendiri, kurma ajwa berwarna coklat kehitaman. Lebih pekat daripada kurma biasa yang umumnya berwarna kecoklatan.

Baca juga: Resep Brownies Kurma Panggang, Hidangan Takjil Kekinian

Jika diamati lebih jeli, permukaan kurma ajwa pun berbeda dengan kurma lainnya. Kurma ajwa terlihat lebih mengerut jika dibandingkan jenis kurma lainnya. 

2. Rasa dan tekstur 

Kurma ajwa memiliki rasa yang tidak terlalu manis, ada sedikit asamnya, hampir mirip dengan kismis. Sementara, kebanyakan jenis kurma lainnya rasanya dominan manis. 

Untuk teksturnya sendiri, kurma ajwa tidak terlalu lembut karena terdapat kerutan di permukaannya. Namun daging buahnya terasa halus dan lembut saat dikunyah. 

Baca juga: Resep Minuman Rempah Campur Kurma, Bikin Hangat Saat Musim Hujan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X