Kompas.com - 13/04/2021, 21:13 WIB
Kurma segar dan kurma kering memiliki beberapa perbedaan, seperti masa waktu penyimpanan, kandungan kalori, serta kandungan gizi di dalamnya. FREEPIK/AZERBAIJAN_STOCKERSKurma segar dan kurma kering memiliki beberapa perbedaan, seperti masa waktu penyimpanan, kandungan kalori, serta kandungan gizi di dalamnya.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Ada beragam olahan kurma yang bisa kamu buat, salah satunya ialah kurma goreng tepung. Camilan ini cocok dijadikan sebagai menu takjil saat buka puasa.

Cara membuat kurma goreng tepung cukup sederhana. Kamu pun bisa menggunakan jenis kurma apapun, tapi baiknya pilih yang rasanya manis dan lembut agar lebih lezat.

Ikuti resep kurma goreng tepung dari buku "Variasi Lezat Olahan KURMA" oleh Anti Apriliyanti Suganti terbitan PT Gramedia Pustaka Utama berikut.  

Baca juga: Resep Susu Kurma Almond, Bisa Jadi Ide Jualan

Resep kurma goreng tepung 

Bahan

  • 150 gram buah kurma, buang bijinya lalu dipukul-pukul sampai tipis 
  • 100 gram tepung terigu 
  • 100 gram tepung beras 
  • 2 sdm gula pasir 
  • 1/4 sdt vanili bubuk 
  • 1/4 sdt garam 
  • 1 butir telur
  • 400 ml santan 

Baca juga: Resep Brownies Kurma Panggang, Hidangan Takjil Kekinian

Cara membuat kurma goreng tepung

1. Siapkan wadah, masukkan tepung terigu, tepung beras, gula pasir, garam, dan vanili bubuk. Aduk rata lalu masukkan santan sedikit demi sedikit.

Aduk menggunakan sendok, kemudian masukkan telur. 

2. Aduk-aduk adonan sampai rata dan tidak berbuih. Diamkan adonan tepung sekitar 30 menit. 

3. Panaskan minyak, lalu celupkan buah kurma yang sudah dipipihkan ke dalam adonan tepung. Goreng hingga berwarna kuning keemasan. Angkat, tiriskan, lalu sajikan.  

Buku "Variasi Lezat Olahan KURMA" oleh Anti Apriliyanti Suganti terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli secara online di Gramedia.com

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X