Kompas.com - 25/01/2021, 15:03 WIB
Ilustrasi cendol yang terbuat dari tepung beras dan tepung sagu. SHUTTERSTOCK/MARK BRANDONIlustrasi cendol yang terbuat dari tepung beras dan tepung sagu.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Cara membuat cendol beras gampang-gampang susah. Umumnya, masyarakat menambahkan air kapur sirih supaya tekstur cendol lebih kenyal. 

Namun pada resep kali ini, air kapur sirih diganti dengan baking powder. Penggunaan baking powder dapat membuat tekstur cendol beras menjadi lebih kenyal dan kesat. 

Resep cendol ini biasa digunakan untuk membuat es cendol serabi khas Blitar, tetapi bisa juga digunakan untuk membuat variasi es cendol lainnya. 

Berikut cara membuat cendol beras tanpa kapur sirih mengutip buku "25 Resep Kreasi Cendol" oleh Dapur Aliza terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Baca juga: Apa Bedanya Cendol dan Dawet?

Resep cendol beras tanpa kapur sirih

Bahan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • 500 gram tepung beras
  • 100 gram gula pasir
  • 1 sdt ragi instan 
  • 1 sdt baking powder
  • 1 liter santan kental
  • 1/4 sdt garam 
  • 1 butir kelapa setengah tua, parut memajang

Cara membuat cendol beras tanpa kapur sirih

1. Campur semua bahan kecuali kelapa parut, aduk hingga rata. Diamkan selama 30 menit. Masukkan kelapa parut, aduk hingga rata kembali.

2. Panaskan cetakan poffertjes jika ingin cendol berbentuk serabi. Bisa juga dimasak menggunakan panci biasa jika ingin cendol berbentuk bulir. 

Baca juga: Cara Bikin Es Cendol, Minuman Segar Teman Ngobrol di Rumah

3. Tuang adonan ke dalam panci atau cetakkan. Tutup lalu masak hingga adonan mengembang dan matang. Jika menggunakan panci, jangan lupa aduk-aduk adonan cendolnya. 

4. Matikkan api dan angkat. Sebelum dicampur dengan kuah, dinginkan dulu cendolnya. Jika sudah, cendol siap dinikmati bersama kuah sesuai selera. 

Buku "25 Resep Kreasi Cendol" oleh Dapur Aliza terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli secara online di Gramedia.com

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.