Cara Membuat Es Pisang Coklat untuk Jualan

Kompas.com - 23/01/2021, 10:07 WIB
Ilustrasi es pisang cokelat. SHUTTERSTOCK/ SETYO HADI JOKO NUGROHOIlustrasi es pisang cokelat.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Camilan berbahan pisang tidak hanya pisang goreng saja. Ada juga camilan dingin yang rasanya nikmat dan mudah dibuat yaitu es pisang cokelat beku. 

Cara membuat es pisang cokelat tergolong mudah. Cukup bekukan pisang lalu celup ke dalam lelehan cokelat batangan. Bisa juga ditaburi meses atau kacang untuk pelengkap. 

Ikuti resep es pisang cokelat beku dari buku "Resep Dessert Pilihan Untuk Bisnis Boga" oleh Arif Budi Prayitno (Tim Ide Masak) terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Baca juga: Resep Pisang Nugget Tanpa Telur, Tak Perlu Kukus Pisang 

Resep es pisang cokelat beku

Bahan

  • 2 buah pisang ambon matang
  • 4 gagang stik es krim
  • 310 gram cokelat susu batang, cincang kasar
  • 150 gram kacang macadamia, cincang halus (bisa diganti kacang mete, kacang tanah, atau jenis kacang lainnya)

Cara membuat es pisang cokelat beku

  1. Kupas pisang lalu belah jadi dua. Tusuk salah satu ujung pisang dengan stik es krim kemudian bungkus menggunakan aluminium foil. Simpan dalam freezer sampai membeku. 
  2. Tim cokelat batang hingga meleleh menggunakan api sedang sambil diaduk-aduk. Sisihkan. 
  3. Taburkan kacang macadamia cincang di atas kertas roti, ratakan. 
  4. Ambil pisang yang sudah membeku, celup ke dalam lelehan cokelat hingga pisang tertutupi seluruhnya, angkat. Saat cokelat mulai mengeras gulingkan di atas taburan kacang hingga rata. 
  5. Sajikan segera atau bungkus kembali dengan aluminium foil dan bekukan kembali. 

Buku "Resep Dessert Pilihan Untuk Bisnis Boga" oleh Arif Budi Prayitno (Tim Ide Masak) terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli secara online di Gramedia.com



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X