Resep Pisang Nugget Tanpa Telur, Tak Perlu Kukus Pisang

Kompas.com - 13/01/2021, 19:09 WIB
Pisang nugget ShutterstockPisang nugget
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Salah satu camilan berbahan pisang yang mudah dibuat ialah pisang nugget. Camilan ini terbuat dari pisang yang dibalut dengan tepung panir dan terigu.

Umumnya pisang nugget dibuat dengan cara mengukus pisangnya terlebih dulu. Namun, dalam unggahan yang dibagikan oleh Smart Mama Vlog dalam channel Youtube tidak begitu. 

Selain itu, pada resep ini kamu tidak perlu menambahkan telur. Ikuti resep dari Smart Mama vlog berikut ini.

Baca juga: Cara Membuat Pisang Nugget Crispy Sederhana ala Rumahan

Resep pisang nugget tanpa telur

Bahan

  • 2 buah pisang tanduk ukuran kecil 
  • 40 gram keju cheddar
  • 2 sdm gula pasir 
  • 1 saset susu bubuk (sekitar 27 gram)
  • 10 sdm terigu atau disesuaikan dengan kadar air pada pisang 
  • Tepung panir secukupnya 
  • Topping: kacang tanah, kacang almond, meses cokelat, cokelat batang, matcha bubuk, susu kental manis, keju, atau choco chip (sesuai selera)

Cara membuat pisang nugget tanpa telur

Pisang nuggetShutterstock Pisang nugget

1. Potong pisang tanduk lalu haluskan dengan menggunakan garpu. Parut keju cheddar dan campur dengan pisang yang sudah dilumatkan. Tambahkan gula pasir, aduk hingga rata. Masukkan susu bubuk, aduk kembali.

2. Masukkan tepung terigu secara bertahap karena kadar air pisang berbeda-beda. Campur tepung sampai adonan tidak lengket dan bisa dibentuk.

Sebagai catatan, adonan yang memakai tepung terlalu banyak akan jadi keras. Sementara, adonan yang kurang tepung akan lembek saat digoreng.

3. Ambil satu sendok adonan pisang lalu tuang ke dalam tepung panir. Bentuk persegi dengan cara menekan pelan adonan. Tata di atas loyang, simpan dalam freezer selama 20 menit sebelum digoreng. 

4. Panaskan minyak, goreng pisang nugget hingga berwarna cokelat keemasan. Dinginkan terlebih dulu sebelum diberi topping.

Baca juga: Ini Tingkat Kematangan Pisang, Bisa Dibuat Aneka Makanan

Halaman:


Sumber Youtube
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X