Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/01/2021, 10:09 WIB
Alma Erin Mentari,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Basmati berasal dari Bahasa Hindi yang berarti wangi. Seperti namanya, beras basmati memiliki harum yang alami setelah dimasak.

Keistimewaan beras basmati lainnya adalah memiliki tekstur yang padat dan empuk setelah dimasak.

Baca juga: Cara Tepat Cuci Beras agar Nasi Pulen dan Tidak Menggumpal

Berikut tiga cara pilih beras basmati berkualitas baik dilansir dari Bonappetit.

1. Pilih kemasan beras basmati dengan label “extra-long grain

Dilansir dari The Kitchn, long grain merupakan salah satu jenis beras yang diklasifikasikan berdasarkan panjang butiran beras.

Sesuai dengan namanya, beras jenis ini memiliki ciri-ciri butiran beras yang lebih panjang dan ramping. Salah satu beras berbiji panjang adalah beras basmati.

Label extra-long grain pada kemasan untuk memastikan bahwa beras basmati di dalamnya memiliki ukuran yang lebih panjang dibandingkan beras lainnya.

Selain itu, label tersebut juga untuk menunjukkan kualitas beras basmati yang keras. Namun, beras tetap lembut dan butirannya terpisah ketika dimasak.

Baca juga: Sejarah Beras di Indonesia, Berasal dari Pedagang China dan India

2. Pilih bentuk beras basmati yang panjang dan meruncing

Ilustrasi beras basmati yang sudah dimasak. Beras basmati identik dengan hidangan khas Timur TengahShutterstock/mahakaal Ilustrasi beras basmati yang sudah dimasak. Beras basmati identik dengan hidangan khas Timur Tengah

Semakin panjang butiran beras basmati berarti kualitasnya semakin baik. Kemudian pilih biji beras basmati yang agak merucing di setiap ujungnya.

3. Pilih beras basmati dengan corak keemasan

Beras basmati yang memiliki kualitas baik dapat dilihat dari warnanya. Pilihlah beras basmati dengan warna corak keemasan. 

Warna beras yang agak kekuningan ini menandakan bahwa nutrisi beras tidak banyak hilang, sehingga kandunganya maksimal untuk kesehatan. 

Baca juga: Cara Tepat Cuci Beras agar Nasi Pulen dan Tidak Menggumpal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com