Kompas.com - 07/01/2021, 09:33 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Beras merah utuh (whole-grain) mengandung endosperma yang mengandung karbohidrat, germ yang kaya nutrisi, dan dedak atau sekam yang tinggi serat.

Kandungan serat, protein, antioksidan, sejumlah vitamin, dan mineral dalam beras merah lebih tinggi daripada beras putih.

Jadi, beras merah biasanya dijadikan alternatif makan nasi yang lebih sehat. Sebelum mengolahnya, pastikan kamu tahu cara mencuci beras merah yang tepat.

Baca juga: 4 Jenis Beras yang Lebih Sehat daripada Beras Putih, Apa Saja?

Ilustrasi nasi merah dengan topping kacang polong. PIXABAY/SMILING PIXELL Ilustrasi nasi merah dengan topping kacang polong.

Beras merah cuci 2 kali

Menurut Corporate Chef Bali Mandira Beach Resto & Spa Herman Sambas mengutip Kompas.com, (9/7/2020), beras merah cukup dicuci sebanyak dua kali sebelum diolah.

Pasalnya, sekam atau bran beras merah mengandung serat, mineral seperti zat besi, zinc, kalium, mangan, dan natrium, serta vitamin terutama vitamin B.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sekam beras merah sendiri masih utuh karena tidak mengalami proses penggilingan dan pengelupasan secara berlebihan.

Baca juga: Cara Tepat Cuci Beras agar Nasi Pulen dan Tidak Menggumpal

Ilustrasi beras merah yang memiliki kandungan nutrisi lebih tinggi daripada beras putih. PIXABAY/SOOYEONGBEH Ilustrasi beras merah yang memiliki kandungan nutrisi lebih tinggi daripada beras putih.

Rendam beras merah 6-12 jam

Berdasarkan HUFFPOST, selain dicuci beras merah whole-grain sebaiknya direndam dulu selama 6-12 jam.

Pasalnya, beras merah yang termasuk biji tanaman mengandung zat alami bernama asam fitat. Biasanya ditemukan dalam biji-bijian, polong-polongan, maupun kacang-kacangan.

Asam fitat dapat mengganggu penyerapan zat besi, zinc, dan kalsium dalam tubuh.

Salah satu cara yang terbilang efektif untuk mengurangi kadar asam fitat dalam beras merah adalah merendamnya.

Selain menurunkan kadar asam fitat, merendam beras merah membuat durasi masaknya lebih cepat. Hasil nasi pun menjadi lebih pulen dan harum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber HUFFPOST
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.