Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/12/2020, 16:22 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

KOMPAS.com - Tanpa menggunakan arang sekalipun, kamu dapat bakar-bakar di rumah dengan bantuan grill pan atau wajan pemanggang.

Menurut Foter.com, wajan khusus untuk memanggang biasanya memiliki dasar bergelombang sehingga memudahkan daging matang merata tanpa menghilangkan sarinya.

Gunakan wajan pemanggang berkualitas bagus sehingga dapat menggunakannya kapan saja. Perhatikan bahan wajan sampai bentuknya, seperti berikut ini.

Baca juga: BBQ Tahun Baru, Kuliner Serba Bakar dan Panggang

1. Pilih grill pan berbahan cast iron

Pilih wajan pemanggang yang terbuat dari cast iron atau besi cor karena bahan ini awet dan dapat menahan panas pada suhu tinggi.

Permukaan wajan pemanggang dari cast iron ada yang dilapisi enamel maupun tidak. Kelebihan enamel adalah membuat permukaan wajan menjadi antilengket dan lebih mudah dibersihkan.

Stainless steel dan alumunium, dua bahan wajan pemanggang lain yang lebih ringan tetapi tidak mampu menahan panas tinggi sebaik cast iron, seperti dikutip dari Tasting Table.

Namun, kedua bahan di atas cocok apabila kamu menggunakan kompor keramik di rumah. Pasalnya, wajan dari besi cor dapat merusak kompor keramik.

Baca juga: 4 Bahan Alat Masak Antilengket Selain Teflon, dari Cast Iron hingga Keramik

Ilustrasi wajan pemanggang untuk bakar-bakar.PEXELS/PIXABAY Ilustrasi wajan pemanggang untuk bakar-bakar.

2. Pakai grill pan kotak

Grill pan ada yang bentuknya kotak maupun bundar. Lebih baik gunakan yang kotak karena mempunyai permukaan lebih luas.

Contohnya, wajan pemanggang diameter 10 inci (25,4 sentimeter) punya luas permukaan 78,5 inci persegi (506,5 sentimeter persegi).

Sementara, wajan pemanggang kotak dengan diameter 10 inci punya permukaan lebih luas yaitu 100 inci persegi (645 sentimeter persegi).

Selain itu, kamu bahkan bisa memanggang di pojok wajan karena panasnya merata dan bertahan lama. Asalkan bahan wajan dari cast iron.

3. Grill pan bertutup

Memanggang daging ukuran besar seperti steak di dalam grill pan bertutup mempunyai keuntungan tersendiri.

Baca juga: Resep Steak Daging Sapi ala Restoran, Bisa Pakai Teflon

 

Panas dalam grill pan bertutup membuat daging matang merata tanpa perlu kamu panggang dalam oven.

Kamu juga dapat membeli wajan pemanggang yang bentuk gelombangnya tinggi. Jadinya, daging bakar punya bekas khas seperti dibakar di panggangan arang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com