Kompas.com - 11/12/2020, 09:12 WIB
Ilustrasi cast iron atau penggorengan besi cor ShutterstockIlustrasi cast iron atau penggorengan besi cor

KOMPAS.com – Alat masak antilengket sangat menguntungkan karena bisa mencegah makanan menempel di alat saat memasak. Alhasil masak jadi lebih mudah dan cepat.

Teflon adalah alat masakanti lengket yang dikenal luas. Namun, peralatan masak antilengket tidak hanya teflon.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Teflon, Alat Masak Antilengket

Ada jenis bahan antilengket yang juga digunakan pada perlatan masak seperti wajan, panci, loyang dan banyak lagi.

Melansir Bright Side, berikut empat bahan alat masak antilengket beserta keunggulannya:

1. Cast iron (besi cor)

Peralatan masak besi cor asli atau berbahan cast iron adalah pilihan alat masak yang aman, tahan lama, dan anti lengket.

Keunggulannya selain anti lengket, cast iron adalah penghantar panas yang baik untuk memasak. Cast iron bisa menahan panas dengan baik dan menghantarkannya dengan merata.

Cara mendapatkan fungsi anti lengket pada alat masak berbahan cast iron, harus dibumbui (seasoning) terlebih dahulu.

Ada pula pilihan alat masak cast iron yang diberi lapisan enamel, untuk menambah kenyamanan penggunaan alat masak dan tidak perlu repot melalui proses seasoning. 

2. 100 persen Keramik

Kini mulai banyak dijual peralatan masak berbahan keramik, dari pisau, wajan, hingga panci. Alat masak keramik ada yang hanya berlapis keramik dan yang 100 persen keramik.

Baca juga: Kapan Teflon Harus Diganti? Perhatikan 4 Ciri Ini

Alat masak berbahan 100 persen keramik dianggap lebih aman, karena anti gores berbeda dari yang sekedar berlapis keramik.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X