Kompas.com - 29/12/2020, 15:31 WIB
Ilustrasi Cumi Bakar UNSPLASH/ANNA SEELEYIlustrasi Cumi Bakar

KOMPAS.comCara bakar cumi-cumi bisa dibilang susah-susah gampang. Pasalnya, kamu harus memperhatikan durasi masak cumi-cumi agar tidak alot.

Cumi-cumi bisa menjadi alot seperti karet kalau terlalu lama dimasak. Bukan hanya mengubah teksturnya saja, durasi masak yang salah bisa membuat cita rasa cumi-cumi menjadi tidak enak.

Untuk menghindari cumi menjadi alot, berikut cara bakar cumi-cumi yang benar.

Baca juga: Resep Cumi Bakar Utuh ala Street Food Korea

Ilustrasi sate cumi kecil. PEXELS/COTTONBRO Ilustrasi sate cumi kecil.

Cara memilih cumi-cumi untuk dibakar

Dilansir dari Fine Cooking, cumi-cumi segar biasanya masih memiliki aroma laut. Selain itu, cumi juga masih memiliki daging yang putih berkilau dan tidak kempes.

Dibagian tubuhnya masih ditutupi dengan selaput abu-abu keunguan. Selaput ini sebenarnya masih bisa dimakan, tapi sering kali dibuang karena rasanya yang pahit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara potong cumi untuk dibakar

Siapkan pisau tajam. Potong tentakel di bawah mata cumi-cumi. Kemudian, potong sayap di sisi tubuh.

Gunakan bagian sisi pisau yang tumpul untuk melepas kulit terluar cumi-cumi. Tarik sampai kulitnya mengelupas.

Kunci membakar cumi-cumi agar tidak alot ada pada cara memotongnya. Potong cumi melintang berbentuk cincin. Kamu juga bisa potong memanjang menjadi strip.

Baca juga: Cara Simpan Cumi di Kulkas, Tetap Segar dan Tidak Bau

Cara bakar cumi agar tidak alot

Ilustrasi cumi-cumi bakar. PIXABAY/PEGGY UND MARCO LACHMANN-ANKE Ilustrasi cumi-cumi bakar.

Selain teknik memotong, cara bakar cumi-cumi juga menentukan agar hasilnya tidak alot. Dilansir dari Epicurious, rendam cumi-cumi yang sudah dipotong dengan bumbu olesan selama 30 menit.

Kemudian, siapkan panggangan dan panaskan terlebih dahulu. Atur api besar. Olesi bagian atas panggangan dengan minyak sedikit.

Kalau panggangan sudah panas, keluarkan cumi-cumi dari bumbu rendaman. Letakkan cumi-cumi di atas panggangan. Bakar dalam waktu 4 menit.

Selama 4 menit itu, bolak balik cumi-cumi agar dagingnya tidak menjadi alot. Kalau sudah 4 menit, angkat dan sajikan dengan bumbu yang sudah dibuat.

Baca juga: Resep Sate Cumi Sambal Kecap buat BBQ Tahun Baru

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.