Resep Bumbu Dasar Merah, Hanya Butuh 3 Bahan

Kompas.com - 28/11/2020, 21:31 WIB
ilustrasi bumbu dasar merah shutterstockilustrasi bumbu dasar merah

KOMPAS.com - Indonesia memiliki sejumlah bumbu dasar yang diberi dengan nama warna, salah satunya adalah bumbu dasar merah.

Sederhananya, dalam pengolahan bumbu dasar merah menggunakan cabai merah besar atau cabai merah keriting dalam jumlah cukup banyak. Kamu bisa membuat bumbu merah sendiri di rumah, caranya mudah.

Berikut resep bumbu dasar merah yang dikutip dari buku “40 Resep Nusantara Praktis dari 5 Bumbu Dasar” karya Kamikoki terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Baca juga: Bumbu Dasar untuk Semua Sajian

Resep bumbu dasar merah

Bahan :

  • 200 gram bawang merah
  • 100 gram bawang putih
  • 800 gram cabai merah

Bahan tersebut untuk bumbu dasar merah sebanyak 450 gram.

Cara membuat bumbu dasar merah

1. Kupas bawang dan cuci bersih semua bahan.

2. Potong-potong semua bahan agar lebih mudah dan cepat saat dihaluskan.

3. Kamu bisa gunakan cobek, blender, atau food processor. Jika menggunakan blender atau food processor, maka tambahkan air.

4. Bumbu yang sudah dihaluskan bisa ditumis terlebih dulu atau bisa juga langsung disimpan.

Buku “40 Resep Nusantara Praktis dari 5 Bumbu Dasar” karya Kamikoki terbitan Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X